Tanpa direndam dulu, ini trik mengempukkan jengkol agar hemat gas dan tak alot meski sudah dingin

Tanpa direndam dulu, ini trik mengempukkan jengkol agar hemat gas dan tak alot meski sudah dingin
TikTok/@milamazil

Brilio.net - Ada banyak sekali jenis tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai menu makan lezat. Jengkol adalah salah satu di antaranya. Jenis tanaman polong-polongan satu ini dapat tumbuh subur di negara tropis, termasuk Indonesia.

Biasanya jengkol diolah jadi menu sayur dengan berbagai macam bumbu rempah, misalnya semur atau aneka tumisan. Selain itu, jengkol juga kerap dijadikan lalapan setelah digoreng begitu saja. Tekstur yang kenyal dan rasa sedikit pahit khas jengkol dinilai bisa meningkatkan selera makan.

Namun untuk mendapatkan tekstur kenyal dan empuk, sebenarnya jengkol harus melewati proses pengolahan yang cukup panjang, lho. Pertama-tama, jengkol harus direndam terlebih dahulu agar lebih lembut. Tak tanggung-tanggung, proses ini bisa memakan waktu 1-3 hari lamanya.

Setelah direndam, jengkol masih harus direbus dalam waktu yang lama. Barulah kemudian bisa dimasak dengan berbagai macam bumbu. Nah, panjangnya proses ini membuat sebagian orang memilih mundur untuk mengolah jengkol sendiri karena dinilai buang waktu dan tentu bikin gas kompor cepat habis.

Padahal tahu nggak sih, mengempukkan jengkol ini sebenarnya tidak harus dengan teknik panjang tersebut. Ada metode lain yang lebih singkat dan ampuh dalam mengempukkan jengkol. Seorang pengguna TikTok @milamazil pernah membagikannya melalui salah satu video yang diunggah.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya