Jangan cuma direbus pakai kopi, ini trik ampuh hilangkan bau tak sedap jengkol dengan 2 bahan dapur

Jangan cuma direbus pakai kopi, ini trik ampuh hilangkan bau tak sedap jengkol dengan 2 bahan dapur
foto: TikTok/@fighteris_back

Brilio.net - Di beberapa daerah, jengkol dikenal dengan sebutan jering atau joriang. Buah tropis satu ini mudah sekali ditemukan di Indonesia. Oleh sebab itu, masyarakat Indonesia juga sudah tidak asing dengan jengkol atau tanaman bernama latin pithecellobium jiringa ini.

Biasanya jengkol dimanfaatkan sebagai bahan makanan yang diolah sebagai menu sayur, seperti aneka tumisan atau semur. Nah, menu olahan jengkol ini lantas disantap dengan nasi putih hangat. Tambahan lauk-pauk dan sambal tentu akan dapat meningkatkan selera makan.

Selain rasanya yang enak, ciri khas lain dari jengkol adalah aromanya. Bagi beberapa orang, aroma jengkol ini cenderung menggugah selera. Namun bagi sebagian yang lain, aroma jengkol dianggap mengganggu karena kurang sedap. Memang jengkol mengandung sulfur yang menghasilkan bau seperti belerang.

Untuk sebagian orang yang kurang suka dengan baunya, biasanya jengkol akan diolah sedemikian rupa supaya aroma tak sedapnya bisa hilang. Selain dicuci, cara yang ampuh dilakukan adalah dengan merebus jengkol. Tak hanya direbus biasa, jengkol umumnya direbus dengan kopi bubuk. Aroma kopi yang menyengat dinilai dapat menetralkan bau tak sedap pada jengkol.

Namun jika ingin baunya semakin hilang, kamu sebenarnya perlu melakukan teknik lain, lho. Teknik menghilangkan bau tak sedap jengkol ini pernah dibagikan oleh pengguna TikTok @fighteris_back. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak hanya merebus jengkol dengan kopi, namun ada proses pengolahan lain yang dilakukan sebelum itu.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya