Tanpa kopi dan garam, ini trik merebus jengkol agar makin empuk dan bebas bau pakai 1 bahan dapur

Tanpa kopi dan garam, ini trik merebus jengkol agar makin empuk dan bebas bau pakai 1 bahan dapur
YouTube/Dapur Evinda

Brilio.net - Jengkol dikenal sebagai bahan makanan yang memiliki aroma tak sedap. Aroma menyengat ini berasal dari kandungan asam amino pada jengkol yang membentuk sulfur.

Meskipun begitu, banyak orang masih gemar mengonsumsi jengkol. Pasalnya, tekstur jengkol yang sudah diolah empuk punya daya tarik tersendiri. Selain itu, rasanya juga enak jika jengkol diolah dengan tepat.

Sayangnya, mengolah jengkol ini jadi pekerjaan yang susah-susah gampang. Terlebih jika ingin menghilangkan bau tak sedap dan membuat teksturnya lebih empuk. Alih-alih lezat, jika salah trik, jengkol justru lebih bau atau bahkan teksturnya masih keras saat dikonsumsi.

Lantas untuk mengatasi hal tersebut, biasanya jengkol akan direbus dengan bahan khusus. Salah satu bahan yang digunakan adalah kopi bubuk. Aroma wangi pada kopi akan membantu memudarkan bau tak sedap jengkol. Namun selain kopi, ada juga yang menambahkan bahan lain, yakni garam. Kalau bumbu dapur satu ini digunakan untuk membantu mengempukkan jengkol saat direbus.

Namun selain dengan kopi dan garam, sebenarnya ada trik lain yang bisa diterapkan saat merebus jengkol. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube Dapur Evinda. Melalui salah satu video yang diunggah, dia justru mengandalkan bahan lain untuk mengempukkan sekaligus menghilangkan bau jengkol.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya