Tak perlu direndam air garam, ini trik goreng jengkol agar tetap empuk hingga 24 jam

Tak perlu direndam air garam, ini trik goreng jengkol agar tetap empuk hingga 24 jam
YouTube/Catandbird Stories

Brilio.net - Menu masakan nggak melulu yang wangi saja, tapi ada pula yang mempunyai aroma tak sedap seperti jengkol. Walaupun begitu, jengkol tetap punya banyak penggemar, lho. Pasalnya, rasa makanan satu ini dikenal nikmat dan gurih.

Biasanya, jengkol bisa dimakan begitu saja sebagai camilan ataupun dijadikan lauk pendamping nasi. Selain dibikin semur, jengkol pun begitu lezat walau cuma dimasak goreng.

Sayangnya, masih banyak yang gagal membuat jengkol goreng. Padahal jika melihat metodenya, yakni goreng, terlihat super simpel. Alih-alih empuk nan sedap, tekstur jengkol goreng justru cukup alot dan kurang nikmat saat dimakan.

Supaya hasil jengkol goreng nantinya empuk, banyak orang memilih merebus ataupun merendamnya terlebih dulu di dalam air larutan garam.

Tetapi, berbeda dengan warganet bernama Wina. Lewat sebuah unggahan di akun YouTube Catandbird Stories, wanita ini membagikan trik lain yang jauh lebih simpel kalau mau menggoreng jengkol agar teksturnya tetap empuk dalam waktu lama. Usut punya usut, ia hanya membutuhkan satu bahan dapur untuk mempraktikkan trik ini.

"Tips menggoreng jengkol supaya lembut dan lembutnya awet hingga 24 jam," tulisnya dalam unggahan YouTube Catandbird Stories, dikutip BrilioFood pada Jumat (22/12).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya