Brilio.net - Kacang hijau termasuk bahan makanan nabati yang dapat diolah jadi berbagai menu lezat. Salah satunya dibikin bubur kacang hijau. Bubur kacang hijau cocok banget disantap untuk sarapan maupun makan malam, karena bisa menghangatkan tubuh.

Di sisi lain, kacang hijau juga dikenal kaya akan manfaat kesehatan. Dilansir dari healthline.com, kacang hijau mengandung protein, serat, asam folat, mineral, dan lain sebagainya. Mengonsumsi kacang hijau dipercaya bisa menurunkan risiko terkena penyakit kronis, mencegah stroke, menurunkan kolesterol jahat, sampai melancarkan peredaran darah.

Namun, banyak orang masih malas merebus kacang hijau sendiri karena prosesnya cukup lama. Dengan begitu gas pun jadi cepat habis alias boros.

Biasanya agar tetap hemat gas, tak sedikit orang memilih merendam kacang hijau dulu semalaman sebelum dimasak. Tetapi teknik merendam tersebut juga lumayan ribet, karena kalau tak teliti mengatur waktu perendaman, kacang hijau malah berubah jadi tauge, lho.

Tenang, ada trik supaya kamu tetap hemat gas dan tanpa merendam saat mengolah kacang hijau. Trik ini pernah dibagikan warganet, pengguna Instagram @cookingwithummah. Usut punya usut, kalau menggunakan trik ini, kacang hijau bisa empuk hanya dalam 12 menit saja, lho.

"Udah berjam-jam nggak empuk dan nggak pecah, udah gitu boros gas dan listrik lagi. Yuk masak pakai metode ini," ungkapnya, dikutip BrilioFood dari Instagram @cookingwithummah pada Kamis (28/12).