Brilio.net - Baru-baru ini media sosial sempat diramaikan dengan unggahan terkait cendol yang diklaim sebagai minuman dari Singapura. Mendengar hal itu, banyak warga Malaysia tak terima dan langsung protes setelah mengetahui cendol diklaim minuman dari Singapura oleh media Internasional.

Media Internasional tersebut menjelaskan bahwasannya es cendol menjadi menu yang dijajakan di gerobak pinggir jalan hingga di restoran. Minuman satu ini terbuat dari santan yang diberi gula aren dan cairan hijau bertekstur seperti jelly.

 

“Versi pencuci mulut dingin ini dapat ditemui di berbagai tempat di Asia Tenggara, tetapi dengan tambahan satu sendok kacang merah yang dimaniskan, Singapura memberi camilan klasik ini terus menggoda,” tulis media Internasional tersebut dalam menggambarkan soal cendol Singapura.

Bahkan cendol yang disebut berasal dari Singapura itu dimasukkan ke dalam 50 Hidangan Penutup Terbaik di Dunia, lho. Mengetahui hal itu, semakin membuat banyak warganet Malaysia yang naik pitam. Mereka tak terima, karena faktanya cendol juga menjadi salah satu minuman yang dicintai oleh warganya.

Perdebatan pun semakin sengit, ketika banyak warga Indonesia juga mengklaim cendol merupakan sajian asli Nusantara. Hal itu menjadikan seorang warganet Ming Tang, lewat program Food Fight milik CNA Insider Singapura mengusut asal-usul cendol sebenarnya.