Namun, kamu tak perlu khawatir gagal saat mengolahnya, karena sebenarnya cara memasaknya pun cukup simpel jika kamu sudah mengetahui triknya. Salah satu akun TikTok/@krisbtr menunjukkan cara memasak beras basmati yang tepat. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencuci beras basmati sampai bersih.

foto: TikTok/@krisbtr

Sama seperti mencuci beras pada umumnya, bersihkan beras di bawah air yang mengalir dan lakukan secara berulang sampai air bilasan benar-benar bersih. Jika sudah, masukkan dua cup beras basmati ke dalam panci. Tambahkan air sebanyak 5 cup, namun jangan langsung nyalakan api. Rendam terlebih dahulu beras basmati selama 30 menit. Baru nyalakan api, dan masak beras basmati sampai air menyusut.

foto: TikTok/@krisbtr

Selama proses memasak beras basmati, pastikan kamu selalu mengaduk-ngaduknya agar beras bisa matang secara merata dan sempurna. Jika beras sudah berubah warna, ukurannya, dan airnya sudah menyusut, kamu bisa mematikan api, dan diamkan terlebih dahulu selama 30 menit hingga satu jam sebelum disajikan.

Cukup mudah bukan mengolah beras basmati? Video berdurasi 1:50 ini ditonton ratusan ribu kali dan disukai sebanyak ribuan warganet. Kolom komentar video ini juga ramai menuai respon warganet. Tak sedikit yang mengaku baru mengetahui cara memasak beras basmati dengan metode tersebut.

 

"Baru tau cara masak beras basmati bgtu pantesan di megicom agak lembekk," tulis akun TikTok/@Haidis.

"Baru tau masak nasi gitu. Dulu nasi di kukus wkwk," ujar akun TikTok/@Tips Shoping.

"Makasih bang," sahut akun TikTok/@fairy.tale.

"Beras nyokap gue, dimasaknya manual diaron lalu masuk dandang," ujar akun TikTok/@Kimbap09.