Dilansir BrilioFood pada Rabu (4/1), gulai santan tersebut rupanya hanya perlu dimasak dengan api besar. Pada tahapan ini, pastikan bahan utama seperti daging belum dimasukkan, ya. Jadi kamu hanya perlu memasukkan santan dan rempah-rempah saja ke dalam panci. Hal ini bertujuan agar santan lebih matang dan tak mudah pecah.

foto: YouTube/Dapur Bunda Aul

Masak terus santan tersebut hingga mendidih dan berbuih. Barulah kemudian aduk-aduk santan agar lebih tercampur secara merata. Dalam video tersebut, memang tampak santan benar-benar tercampur rata dan tidak ada yang menggumpal.

foto: YouTube/Dapur Bunda Aul

Nah, jika sudah dipastikan santan tercampur rata, baru masukkan bahan utama seperti daging atau sayur. Dalam proses ini, gunakan api sedang supaya kondisi santan tidak berubah atau jadi pecah. Pastikan kamu memasak gulai hingga bahan utama yang digunakan benar-benar matang.

"Klo ud turun santannya.. Baru kita masukkan bahan² yg mau kita masak, baru apinya dibikin sedang," terang Aul melalui YouTube Dapur Bunda Aul.

foto: YouTube/Dapur Bunda Aul

Ditonton lebih dari 15 ribu kali, video tentang trik masak santan tersebut rupanya menuai perhatian pengguna YouTube lain. Hal ini tampak dari banyaknya tanggapan di kolom komentar. Rupanya, ada banyak warganet yang mengaku baru mengetahui trik tersebut.

"Sangat membantu kk...
Baru tau..
Terima kasih kk untk tipsnya..," papar YouTube Hilyah Alhumairoh.

"Seandainya tau dari dulu...
Semoga berhasil saat dicoba nanti..," ungkap YouTube Mulai Aja Dulu.

"ternyata begitu yahhh," ujar YouTube Umi Muttaqin.