7 Trik mengolah minyak kelapa dari santan, simpel dan ekonomis

7 Trik mengolah minyak kelapa dari santan, simpel dan ekonomis
TikTok/@mecca.butique

Brilio.net - Minyak kelapa biasa disebut juga virgin coconut oil (VCO). Minyak ini punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari healthline.com, minyak kelapa dapat mendukung diet dengan membakar lemak pada tubuh, menyehatkan kulit, bikin rambut bersinar, mencegah bakteri, dan lain-lain.

Minyak kelapa pun punya banyak kegunaan, bisa untuk masak, pelumas ketika pijat, masker rambut, obat demam, sampai campuran untuk MPASI (menu makanan pendamping ASI) buat bayi.

Tak sedikit orang justru memilih mengolah minyak kelapa sendiri pakai santan dari kelapa murni. Sama seperti yang dilakukan pemilik akun TikTok @mecca.butique, wanita ini mengaku sering memanfaatkan santan kelapa untuk diambil minyaknya. Caranya cukup simpel, yaitu dengan fermentasi dan tak perlu dimasak sama sekali.

Kali ini ia menggunakan santan dari enam buah kelapa untuk difermentasi menjadi minyak VCO ini. Menurutnya, hasilnya pun cukup banyak, bisa sampai 600 ml. Minyak ini lalu bisa disimpan dalam jangka waktu lama sekitar satu sampai lima tahun.

"6 butir kelapa dapat 600 ml VCO. krna ini vermentasi bs 3 bulan bisa 1-5 th," jelasnya.

Penasaran gimana cara membuat minyak kelapa dari santan? Berikut tujuh triknya, dilansir BrilioFood dari TikTok/@mecca.butique pada Jumat (4/11).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Siomay Bandung

  • Mochi Gulung

    Mochi Gulung

  • Sawi Putih Crispy Asam Manis

    Sawi Putih Crispy Asam Manis

  • Spaghetti Brulee Sambal Ijo

    Spaghetti Brulee Sambal Ijo

Review

Selengkapnya