Trik cepat mencairkan santan beku, cuma 5 menit dan tak mudah pecah

Trik cepat mencairkan santan beku, cuma 5 menit dan tak mudah pecah
YouTube/Na Cham Kitchen

Brilio.net - Masakan khas Nusantara banyak diolah menggunakan santan. Pasalnya, santan bisa bikin hidangan semakin pekat dan gurih. Contoh makanan bersantan ada rendang, sayur lodeh, kotokan ikan, mangut lele, gulai, ayam lodho, dan lainnya. Santan juga kerap dijadikan bumbu marinasi daging maupun dicampur pada aneka minuman.

Namun, santan sering dikaitkan dengan kolesterolnya yang tinggi. Padahal, santan dikenal aman dikonsumsi jika porsinya secukupnya dan menggunakan santan murni dari kelapa asli, bukan yang hasil proses pengolahan. Dilansir dari bbcgoodfood.com, santan bisa berguna untuk mencegah inflamasi, meningkatkan energi, dan lain sebagainya.

Biar nggak bolak-balik membeli santan ke pasar, banyak orang lebih memilih langsung menyetoknya. Kemudian, santan pun disimpan di freezer agar tahan lama. Jika dibekukan, santan bisa tahan kurang lebih sampai tiga bulan.

Sayangnya, setelah dibekukan, mencairkan santan beku ini bisa jadi tantangan tersendiri bagi banyak orang, nih. Sebab, jika santan beku langsung dicemplungkan ke masakan, bisa berisiko pecah, lho. Namun, untuk menunggunya sampai cair pun membutuhkan waktu cenderung lama, nih.

Namun sekarang kamu nggak perlu risau, rupanya ada cara mencairkan santan beku dengan cepat hanya lima menit saja, lho. Cara ini dibagikan oleh salah seorang warganet asal Malaysia bernama Na Cham lewat akun YouTube pribadinya.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Jalan Makan Kedai Roti Ibu Saya, nggak nyangka enaknya pizza cuma Rp 13 ribu

  • Jalan Makan Kedai Skuuy, makan bakso mercon ditambah iga bakar sepuasnya

    Jalan Makan Kedai Skuuy, makan bakso mercon ditambah iga bakar sepuasnya

  • Jalan Makan La Riviera, menikmati makanan Nusantara ditemani suasana Eropa

    Jalan Makan La Riviera, menikmati makanan Nusantara ditemani suasana Eropa

  • Jalan Makan This or That, Martabak Terenak Untuk Jajanan Sore Kamu Yang Mana?

    Jalan Makan This or That, Martabak Terenak Untuk Jajanan Sore Kamu Yang Mana?

Review

Selengkapnya