Dilansir BrilioFood pada Rabu (3/1), pengguna YouTube tersebut memanfaatkan bahan pasta gigi untuk membersihkan sepatu. Selain pasta gigi, ia juga memakai sabun cuci piring untuk membersihkan bagian kulit sepatu.

Namun, ia tak mencampur pasta gigi dan sabun cuci piring. Kedua bahan tersebut diaplikasikan secara terpisah dalam tiga tahapan pencucian. Pertama, ia membersihkan bagian sol sepatu, kemudian bagian kainnya, dan terakhir membersihkan bagian alas sepatu.

foto: YouTube/Rbrain Project

Pertama-tama, tuang pasta gigi secukupnya ke dalam sebuah wadah tanpa dicampur. Siapkan juga air secukupnya untuk membilas sikat gigi yang dipakai untuk menyikat sepatu. Oleskan pasta gigi ke bagian sol sepatu dan sikat sampai noda bekas tanah perlahan mulai luntur.

Setelah itu, lap bagian sol yang sudah disikat dengan kapas atau kain yang bersih. Ulangi langkah tersebut sampai seluruh bagian sol sepatu bersih.

foto: YouTube/Rbrain Project

Untuk bagian atas sepatu yang terbuat dari kain, sikat perlahan dengan sabun cuci piring tanpa dicampur air. Sikat perlahan sampai noda bekas tanah mulai luntur. Setelah itu, lap dengan kapas atau kain bersih.

foto: YouTube/Rbrain Project

Kamu bisa melakukan langkah yang sama untuk membersihkan bagian alas sepatu. Dengan proses pencucian tersebut, sepatu tidak akan terlalu basah sehingga lebih cepat kering. Kamu juga bisa mengeringkannya dengan bantuan hairdryer agar lebih cepat kering tanpa harus dijemur.