"Biar bakwannya renyah, jangan pakai terigu khusus kue," kata TikTok @dapur_lisvi18 dikutip BrilioFood pada Jumat (20/1).

foto: TikTok/@dapur_lisvi18

Dia mengaku menggunakan tepung terigu biasa protein rendah. Lebih jelasnya, tepung terigu yang digunakan adalah tepung kiloan yang biasa dijual di toko kelontong. Selain menggunakan tepung terigu kiloan, dia juga membeberkan jenis tepung lain yang bisa digunakan jika ingin membeli yang versi kemasan (dari pabrik).

"pakai terigu protein rendah, ada kunci biru , LM, bisa juga pakai terigu serbaguna biar gak perlu tambahan bumbu," terangnya lebih lanjut.

Pengguna TikTok tersebut mengaku tidak menggunakan tepung terigu kemasan yang notabene kerap dipakai untuk membuat adonan kue, pizza, atau roti. Pasalnya, tepung terigu yang digunakan untuk membuat kue memiliki tekstur yang lebih lembut dan halus. Jika digoreng dalam minyak banyak, tekstur tepung justru berubah jadi lembek. Atau jika pun hasilnya renyah, tekstur bakwan bisa berubah jadi lembek dalam waktu singkat.

foto: TikTok/@dapur_lisvi18

Namun selain memperhatikan penggunaan tepung, pengguna TikTok bernama Lisvi ini juga menekankan pada proses pencampuran adonan. Dalam video tersebut, Lisvi menekankan untuk memakai air es atau es batu saat mencampur semua bahan bakwan.

Dari sekian banyaknya merek tepung terigu yang tersedia, manakah yang bisa kamu pilih? Cek rekomendasi di bawah ini untuk mengetahui tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhanmu yang bisa kamu pilih.