"Jadi lembut, dimakannya juga empuk, rasanya enak, gurih, terasa banget ya ketumbarnya teman-teman," jelasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Juns Kitchen Story pada Rabu (15/3).

Sebelum digoreng, paru harus direbus terlebih dahulu agar teksturnya lebih lembut. Caranya yakni dengan mendidihkan air terlebih dahulu, kemudian masukkan beberapa lembar daun salam serta paru yang ingin dibuat. Pastikan paru tetap berada di dalam air atau tidak mengambang, bisa tindih paru menggunakan tutup panci berukuran lebih kecil dari pancinya.

Rebus selama beberapa menit sampai paru matang. Tanda paru sudah matang, saat ditusuk tak lagi mengeluarkan darah. Setelah itu, paru bisa diangkat, didinginkan, dan dipotong sesuai selera. Sisihkan dulu parunya dan siapkan bumbu.

foto: YouTube/Juns Kitchen Story

Selanjutnya, tumis bumbu halus dari campuran garam, ketumbar, bawang putih, bawang merah, kunyit, sedikit gula, lengkuas, serta daun jeruk yang sudah diulek. Yuni menumis bumbunya tanpa menggunakan minyak sama sekali. Lantas, beri air dan tunggu sampai larutan bumbu halus mendidih, baru masukkan parunya.

"Saya ungkep sampai bumbunya asat atau mengering. Di sini kita memasaknya pakai api yang sedang cenderung kecil, karena paru itu rawan cepat gosong kalau menggunakan api yang agak gede," jelas Yuni.

foto: YouTube/Juns Kitchen Story

Setelah diungkep, paru beserta bumbunya bisa digoreng di minyak panas menggunakan api sedang. Yuni juga menjelaskan, paru ini bisa digoreng sampai teksturnya cukup empuk saja atau krispi. Pastinya, kalau ingin krispi, paru harus digoreng sedikit lebih lama.

Walaupun digoreng sampai cukup empuk atau krispi, hasil paru keduanya tidak akan alot karena sudah diungkep dengan cara yang dijelaskan sebelumnya. Di samping itu, selama proses menggoreng, sebaiknya tutup pancinya agar letupan minyaknya tidak mengenai tangan. Usai digoreng, paru bisa ditiriskan terlebih dahulu sebelum disajikan.

foto: YouTube/Juns Kitchen Story

Nah, itu dia trik-trik seputar mengolah paru goreng bumbu ketumbar khas rumah makan padang. Gimana, praktis ya cara bikinnya? Unggahan milik YouTube Juns Kitchen Story ini juga mendapat respons antusias dari warganet, lho. Selain viewersnya yang sudah lebih dari 18 ribu, kolom komentarnya juga diisi dengan ujaran serta pertanyaan menarik dari warganet.

"Mksih resepnya," ujar YouTube Leni Herlina.

"Apakah meletup2 pd saat di gorengnya?" tanya YouTube NitaQnoy.