Brilio.net - Nasi kuning menjadi makanan yang kerap ditemui dalam berbagai acara. Hidangan ini memiliki rasa cenderung lebih gurih dibandingkan jenis nasi lainnya. Hal ini lantaran nasi kuning dibuat dari beras yang dimasak bersama rempah-rempah dan santan.

Sayangnya, banyak yang mengeluhkan tentang nasi kuning cenderung tidak awet dan mudah basi sesaat setelah dimasak. Jelas saja, santan yang terkandung di dalamnya dikenal sebagai bumbu masak, mudah sekali basi.

Padahal nasi kuning sebenarnya bisa bertahan lebih lama jika dimasak dengan cara yang tepat, lho. Ada beberapa trik yang bisa diterapkan ketika membuat nasi kuning. Seorang pemilik usaha nasi kuning membocorkan rahasia agar nasi kuning lebih awet setelah dimasak.

Menurut lansiran BrilioFood dari akun TikTok/@triascatering pada Senin (3/10), hal pertama yang perlu diperhatikan saat masak nasi kuning adalah proses memasukkan beras ketika santan sudah mendidih.

foto: TikTok/@triascatering

Jangan terburu-buru saat hendak memasukkan beras yang akan dijadikan nasi aron. Pastikan santan sudah benar-benar mendidih ketika hendak memasukkan beras. Dengan begitu, nasi tidak akan cepat basi.