"kualitas beras juga harus di perhatikan!," ujarnya.

foto: TikTok/@kulinerandalan

Selain harus memilih kualitas beras yang bagus, menanak nasi juga perlu menggunakan teknik yang benar. Cara ala restoran, yakni dengan menambahkan perasan jeruk nipis atau beberapa tetes cuka ke dalam beras yang sudah dicuci. Setelah itu beras pun siap dimasak di rice cooker.

Bukan tanpa alasan, dilansir healthline.com, jeruk nipis merupakan buah yang mengandung antioksidan tinggi dan senyawa fenolik. Senyawa tersebut berperan sebagai pengawet dan mencegah oksidasi yang menimbulkan bau tidak sedap pada makanan. Termasuk pada nasi putih.

foto: TikTok/@kulinerandalan

Lain halnya saat akan mengolah nasi putih menjadi nasi goreng. Tentu yang dibutuhkan adalah nasi yang bertekstur kering agar nasi goreng semakin lezat. Oleh karena itu, sebelum menanak nasi putih di rice cooker, kamu bisa menambahkan minyak goreng ke dalamnya. Cukup satu sampai dua sendok makan saja. Perhatikan juga takaran air, kamu bisa menggunakan jari untuk mengukur takaran air saat memasak beras.

Jika sudah begitu, kamu bisa langsung memasak nasi di rice cooker dengan cara seperti biasa. Video yang diunggah oleh TikTok/@kulinerandalan ini telah disukai lebih dari 13 ribu akun. Tak hanya itu, banyak juga yang meninggalkan tanggapan positif di kolom komentar.

 

“makasih ilmu nya chef ,” tulis akun TikTok/@@Lucky.

“makasih infone masehhh.... joss iki ,” ujar akun TikTok/@.

“terimakasih infonya ka,” sahut akun TikTok/@UNDA FIRDAUS 559.

“kereennn masseeee ,” papar akun TikTok/@Prapti Budiati Rustuka.

Bahkan ada yang sudah menerapkan trik satu ini saat menanak nasi kuning, lho. Hasilnya juga ternyata membuat nasi menjadi lebih enak, pulen, dan berwarna kuning merata.

“Aku kalo bikin nasi kuning juga pake jeruk nipis,, selain biar pulen,, awet,, juga bisa meratakan warna kuning dr kunyit ben ora belang bonteng ,” komentar akun TikTok/@Dian Meike.