Untuk mengatasi hal tersebut, seorang warganet YouTube dengan channel Nyalakan DuniaMu pernah membagikan solusinya. Dalam salah satu video yang diunggah, dia membeberkan trik sederhana dalam menghilangkan bau plastik di dispenser galon bawah. Jadi ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan.

Dilansir BrilioFood pada Selasa (14/2), lepas selang dari dispenser terlebih dahulu. Setelah itu, rendam selang di air panas selama 30 menit lamanya. Air panas sendiri dapat efektif menghilangkan bakteri penyebab bau tak sedap, termasuk bau plastik yang menyengat.

foto: YouTube/Nyalakan DuniaMu

Di wadah lain, siapkan air bersih. Lalu campur dengan perasan air lemon. Terakhir, tambahkan satu sendok makan garam. Aduk-aduk hingga semua bahan larut dan tercampur rata.

Letakkan selang dispenser ke dalam campuran air lemon dan garam tadi. Setelah itu, rendam selama 30 menit lamanya. Kedua bahan ini juga ampuh mengangkat aroma plastik yang menempel kuat pada bagian dalam dan luar selang dispenser.

foto: YouTube/Nyalakan DuniaMu

Jika sudah direndam, bilas selang dispenser. Lalu keringkan dan pasang kembali di mesin dispenser. Masukkan campuran air lemon dan garam tadi dan letakkan di bagian ujung selang dispenser.

foto: YouTube/Nyalakan DuniaMu

"Gunakan dispenser dengan air lemon untuk membilas saluran air beberapa kali," kata YouTube Nyalakan DuniaMu.

Tampung hasil air lemon dan garam yang keluar dari saluran paling atas dispenser. Lalu buang air tersebut. Terakhir, ganti campuran air lemon dan garam tadi dengan air biasa. Hal ini bertujuan membilas dan menghilangkan rasa lemon dan garam yang berada di selang dan dispenser.

foto: YouTube/Nyalakan DuniaMu

Dispenser yang sudah dibersihkan ini pun siap digunakan untuk menampung wadah air. Nah, cara ini sebaiknya dilakukan pada dispenser yang baru dibeli. Bukan tanpa alasan, bau plastik di dispenser baru biasanya cenderung lebih menyengat.