10 Pola makan Tina Toon, bantu jaga bobot stabil di 53 kg

15 / 05 / 2022 18:31 WIB Shahfara Raida
10 Pola makan Tina Toon, bantu jaga bobot stabil di 53 kg
Instagram/@tinatoon101

Brilio.net - Masih ingat Tina Toon mantan penyanyi cilik yang eksis tahun 90-an? Pelantun lagu Bolo Bolo ini kini sudah dewasa dan terjun ke dunia politik, lho. Dulu saat masih eksis di dunia hiburan, Tina Toon terkenal dengan pipi chubby yang menggemaskan. Kini, ia sudah punya penampilan baru, jauh lebih berbeda.

Pemilik nama lengkap Agustina Hermanto ini sekarang tampil begitu langsing. Tubuh langsingnya ini nggak ia dapat secara cuma-cuma. Melalui YouTube dan Instagram pribadinya, ia sering bercerita soal pola hidup sehat yang ia jalani. Selain rutin olahraga dan melakukan kegiatan fisik lainnya, ia juga menjalankan diet.

Ia diet dengan lebih banyak memasak sendiri menu makanan kesehariannya. Namun, saat sedang sibuk dan tak punya waktu untuk memasak, Tina Toon masih bisa membeli makanan di luar, asalkan ia tetap mengontrol kalori yang dikonsumsinya. Dengan cara diet ini, ia berhasil membuat berat badannya tetap stabil di 52 maupun 53 kg.

Pola makan Tina Toon  berbagai sumber

foto: Instagram/@tinatoon101

"Kalau aku, karena timbangan aku ini 52 sampai 53, bolak-balik, pokoknya 50-an kg, berarti kalau menurut aku untuk menurunkan berat badan, aku harus makan maksimal 1000 kalori. Tapi, harus juga olahraga ataupun melakukan aktivitas yang mengeluarkan 200 sampai 300 kalori," jelas Tina Toon dilansir dari YouTube/Tina Toon.

Nah, terus gimana sih cara seleb kelahiran 20 Agustus 1993 ini diet? Berikut pola makan yang dijalani Tina Toon, dilansir BrilioFood dari berbagai sumber pada Minggu (15/5).

1. Sering makan ikan salmon.

Pola makan Tina Toon  berbagai sumber

foto: YouTube/Tina Toon

Saat diet, Tina Toon sering mengonsumsi ikan salmon sebagai lauk. Dilansir dari healthline.com, ikan salmon ini dapat membantu mengontrol nafsu makan, menjaga metabolisme tubuh, dan menghilangkan lemak-lemak pada perut. Nggak salah kalau ikan salmon cocok banget dikonsumsi saat diet menurunkan berat badan seperti yang biasa dilakukan Tina Toon.

2. Mengonsumsi sayuran rebus.

Pola makan Tina Toon  berbagai sumber

foto: YouTube/Tina Toon

Tina Toon juga kerap melengkapi lauknya dengan sayuran yang direbus. Tina Toon mengaku nggak pilih-pilih soal sayuran karena ia bisa memakan jenis sayur apapun. Dilansir dari thehealthsite.com, sayuran rebus tidak hanya bermanfaat buat diet, tetapi juga bisa melancarkan pencernaan, menyehatkan kulit dan rambut, serta mencegah batu ginjal.

3. Menghindari masak dengan teknik deep fry.

Pola makan Tina Toon  berbagai sumber

foto: YouTube/Tina Toon

Tina Toon sering memasak sayuran dengan cara direbus, otomatis ia menghindari masak pakai minyak yang banyak (deep dry) saat diet. Nah, selain direbus, ia juga kerap memasak menu dietnya dengan teknik tumis maupun panggang, selama minyak yang digunakan sedikit saja.

Cara ini juga ampuh mendukung program diet. Dilansir dari food.ndtv.com, makanan yang digoreng dengan teknik deep fry cenderung tinggi kalori, bisa bikin berat badan mudah sekali naik.

4. Pakai minyak bunga matahari saat memasak.

Pola makan Tina Toon  berbagai sumber

foto: YouTube/Tina Toon

Tina Toon nggak 100 persen menghindari minyak, lho. Saat menumis maupun memanggang, ia masih sering menggunakan minyak, asal jenis minyaknya sehat dan aman buat diet, misalnya pakai minyak bunga matahari. Minyak bunga matahari ini menyehatkan pencernaan dan ampuh turunkan berat badan.

5. Menghindari bagian paha dan sayap ayam.

Pola makan Tina Toon  berbagai sumber

foto: YouTube/Tina Toon

Selain ikan salmon, Tina Toon juga senang mengonsumsi ayam sebagai menu diet. Tetapi ia menghindari bagian paha dan sayap ayam, sehingga ia hanya mengonsumsi dada. Dilansir dari ndtv.com, dada ayam memang bagian paling rendah lemak dan kalori, sehingga cocok dikonsumsi selama diet.

6. Tak mengonsumsi kulit atau tepung ayam goreng.

Pola makan Tina Toon  berbagai sumber

foto: YouTube/Tina Toon

Sesekali Tina Toon masih makan gorengan, terutama saat ia tak punya waktu luang untuk memasak. Biasanya, ia membeli dari restoran cepat saji aneka nasi dan ayam goreng tepung. Namun demikian, Tina Toon tetap menghindari bagian kulit dan tepung ayam gorengnya.

Dilansir dari livestrong.com, kulit dan tepung pada ayam goreng sebaiknya dihindari saat diet karena mengandung lemak jenuh.

7. Sesekali mengganti nasi dengan jagung.

Pola makan Tina Toon  berbagai sumber

foto: YouTube/Tina Toon

Tina Toon mengurangi konsumsi nasi saat sedang diet. Nah, saat sedang nggak makan nasi, ia biasanya beralih mengonsumsi jagung. Dilansir dari india.com, jagung bermanfaat untuk menurunkan berat badan lantaran punya antioksidan yang tinggi.

Nah, antioksidan ini dapat membantu meningkatkan metabolisme sekaligus membakar lemak. Di sisi lain, jagung juga tinggi kandungan serat yang nggak kalah ampuh menurunkan berat badan, lho.

8. Mengatur porsi nasi.

Pola makan Tina Toon  berbagai sumber

foto: YouTube/Tina Toon

Tina Toon juga sesekali masih makan nasi putih, tetapi ia mengatur porsinya. Dalam sekali makan, biasanya ia hanya mengonsumsi nasi sekitar 25 gram atau 100 kalori. Dilansir dari fitbod.me, mengontrol porsi nasi penting buat menjaga berat badan tetap ideal dan nggak mudah naik.

"Aku tetap makan nasi dan aku makan nasi aja nggak masalah. Ini kira-kira karbonya 25 gram, kira-kira 100 kalori. Jadi nasi kadang-kadang orang mikir, oh gemuk atau apa, sebetulnya nggak juga. Tapi kadang-kadang aku memilih untuk nggak makan nasi supaya kenapa, supaya makan ayamnya jadi dua gitu. Tapi kali ini aku butuh karbohidrat untuk beraktivitas, jadi aku makan nasi," pungkas Tina Toon dilansir dari YouTube/Tina Toon.

9. Makan banyak buah-buahan.

Pola makan Tina Toon  berbagai sumber

foto: Instagram/@tinatoon101

Tina Toon rutin makan aneka jenis buah setiap harinya, lho. Setiap satu kali makan, ia bisa makan tiga sampai empat jenis buah sekaligus, contohnya saat sarapan. Dilansir dari healthifyme.com, buah-buahan umumnya tinggi serat dan antioksidan buat meningkatkan metabolisme tubuh dan menurunkan berat badan secara alami.

10. Mengurangi penggunaan bumbu masakan.

Pola makan Tina Toon  berbagai sumber

foto: YouTube/Tina Toon

Sering masak, Tina Toon pastinya familiar dengan aneka bumbu. Saat sedang diet, Tina Toon mengurangi pakai bumbu terlalu banyak, terutama yang produk instan. Biasanya, ia hanya pakai sedikit agar makanannya tetap ada rasanya.

Dilansir dari uchicagomedicine.org, bumbu masakan bisa berdampak pada perubahan berat badan, lho. Direkomendasikan lebih banyak pakai bumbu rempah alami saat diet.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Ayam Tangkap

  • Ayam Goreng Serai

    Ayam Goreng Serai

  • Karedok

    Karedok

  • Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

    Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

Review

Selengkapnya