15 Cara membersihkan kain pel pakai bahan dapur, hasilnya bersih dan kesat seperti baru

15 Cara membersihkan kain pel pakai bahan dapur, hasilnya bersih dan kesat seperti baru
YouTube/Nia Kurniati

Brilio.net - Lantai rumah yang sering dipel akan bersih, kesat, dan wangi. Namun sayangnya, banyak yang beranggapan bahwa mengepel lantai merupakan pekerjaan melelahkan. Tak sedikit juga yang mengeluhkan jika lantai rumah justru bau amis setelah dipel. Biasanya hal ini disebabkan karena kain pel yang dipakai sedari awal sudah kotor.

Sebagai solusinya, kain pel harus rutin dibersihkan agar tidak menjadi sarang kuman dan bakteri. Dengan begitu pula, kain pel pun tak bau dan kotor. Namun kalau kain pel sudah telanjur dekil akan sulit dibersihkan jika hanya dicuci dengan air dan sabun biasa.

Akhirnya banyak orang mencari cara untuk mencuci kain pel dekil jadi putih, bersih, dan wangi lagi. Salah satunya dengan memanfaatkan aneka bahan sederhana maupun dapur. Misalnya memakai garam, cuka, baking, soda, sabun cuci piring, dan lainnya. Setelah dicuci dengan bahan dapur tersebut, kain pel pun makin bersih dan kesat seperti baru.

Nah, buat kamu yang punya permasalahan kain pel dekil, bisa meniru 15 cara yang dihimpun BrilioFood dari berbagai sumber, Selasa (5/3).

1. Direndam sabun cuci piring, baking soda, dan cairan pemutih, lalu disikat.

15 Cara membersihkan kain pel pakai bahan dapur, hasilnya bersih dan kesat seperti baru

foto: YouTube/Emak syfa dan izi Daulay

Seorang pengguna YouTube Emak syfa dan izi Daulay mengaku punya cara tersendiri untuk membersihkan kain pel yang dekil. Di unggahan videonya, ia tampak memanfaatkan bahan-bahan sederhana untuk membersihkan kain pel tersebut.

Caranya, campurkan cairan pemutih, sitrun, dan air panas di dalam ember. Agar hasilnya bersih maksimal, ia juga menambahkan dua bahan dapur sebagai cairan pembersihnya, yakni sabun cuci piring dan baking soda.

Aduk-aduk sampai semua bahan pembersih tercampur sempurna. Kalau sudah, masukkan kain pel ke dalam larutan pembersih.

"Kalau sudah diaduk-aduk gini, kita diemin kain pel selama 2-3 jam," ungkapYouTube Emak syfa dan izi Daulay.

Setelah didiamkan selama 2-3 jam, tampak air rendaman kain pel sudah berubah warna jadi keruh. Angkat dan tiriskan kain pel. Karena masih tampak dekil, ia langsung menggosok kain pel dengan sabun colek.

"Hasilnya memuaskan banget, kotorannya lama-lama memudar," ucap pemilik video.

Proses selanjutnya, bilas kain pel dengan air bersih. Bilas beberapa kali sampai sisa kotoran dan busa hilang tak tersisa. Jemur kain pel yang sudah dicuci bersih. Setelah kering, perubahan tampilan kain pel terlihat jelas, kan? Warna kain pel kembali putih dan bersih kembali seperti baru.

2. Dicuci pakai baking soda, sitrun, dan cuka.

15 Cara membersihkan kain pel pakai bahan dapur, hasilnya bersih dan kesat seperti baru

foto: YouTube/Zulaikha pratiwy

Pengguna YouTube Zulaikha pratiwy punya cara lain untuk membersihkan kain pelnya yang kotor. Namun, alih-alih mencucinya dengan detergen, ia justru memanfaatkan tiga bahan dapur.

Bahan dapurnya adalah sabun cuci piring, baking soda, dan cuka. Selain itu, ia juga menambahkan cairan pemutih, sitrun, dan sabun mandi.

Ia mencuci kain pel dengan beberapa tahap. Pertama, oleskan cairan pemutih ke seluruh permukaan kain pel, bisa memakai kuas. Pastikan kain pel dalam kondisi kering agar cairan pemutih bisa bekerja dan menyerap lebih cepat. Pengguna YouTube tersebut juga menyarankan untuk memakai cairan pemutih yang masih baru agar ampuh membersihkan noda.

"Pakai cairan pemutih yang masih baru karena kalau pakai yang lama kurang bekerja," ungkapnya.

Setelah diolesi cairan pemutih, diamkan kain pel selama beberapa menit. Jangan lupa untuk memakai masker dan sarung tangan saat mengoleskan cairan pemutih ke kain pel karena aromanya cukup kuat.

Tahap kedua, pengguna YouTube tersebut merendam kain pel dengan campuran air panas dan sabun cuci piring. Kain pel direndam beberapa saat, kemudian disikat. Saat proses penyikatan, ia juga memakai sabun mandi batangan untuk membantu melunturkan noda pada kain pel. Setelah disikat, bilas kain pel sampai bersih.

Setelah mencuci dengan dua tahap, kain pel tersebut masih terlihat dekil sehingga ia kembali merendamnya dengan campuran sitrun, sabun cuci piring, dan air panas. Kemudian direndam selama 10 menit. Setelah itu, kain pel kembali disikat dengan sabun cuci piring dan dibilas menggunakan air bersih.

Hasilnya, kain pel belum sepenuhnya bersih dan pengguna YouTube tersebut kembali mencuci keempat kalinya. Ia pun menambahkan baking soda saat menyikat kain pel. Caranya, ia langsung menaburkan baking soda di atas kain pel sembari disikat sampai bersih.

Kemudian bilas kain pel sampai bersih. Bilas lagi menggunakan campuran air dan cuka. Karena cuka dapat membantu menghilangkan sisa sabun pada kain pel.

"Aku memakai beberapa tetes cuka makan supaya sisa-sisa sabunnya bisa terangkat," pungkasnya.

Hasil kain pel yang dicuci dengan empat tahapan pun mulai terlihat perbedaannya. Kain pel yang awalnya dekil dan kumal sudah cerah dan putih kembali seperti baru.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya