15 Cara membersihkan lap dapur dekil pakai bahan sederhana, warnanya kinclong seperti baru lagi

15 Cara membersihkan lap dapur dekil pakai bahan sederhana, warnanya kinclong seperti baru lagi
Gampang Ditiru. |

3. Dicuci dengan detergen, sabun cuci piring, dan air panas.

15 Cara membersihkan lap dapur dekil pakai bahan sederhana, warnanya kinclong seperti baru lagi

foto: YouTube/PT Klinko Karya Imaji

Seorang pengguna YouTube PT Klinko Karya Imaji pernah membagikan tutorial sederhana dalam mencuci lap dapur. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku menggunakan bahan-bahan khusus untuk mencuci lap dapur ini. Dengan bahan khusus tersebut, noda kusam dan bau tengiknya bisa hilang walau tanpa dikucek atau disikat.

Bahan yang dipakai adalah detergen, sabun cuci piring, dan air panas. Lebih jelasnya, siapkan air dalam panci terlebih dahulu. Lalu rebus air sampai panas dan mendidih.

Sembari menunggu air mendidih, masukkan lap dapur yang bau dan kusam ke ember atau baskom. Kemudian tambahkan detergen bubuk dan sabun cuci piring secukupnya. Barulah kemudian tuang air panas mendidih.

Selanjutnya, aduk-aduk semua bahan. Kamu bisa menggunakan bantuan alat dengan gagang yang panjang agar tangan tidak terkena air panas. Jika sudah diaduk, diamkan dan rendam lap dapur selama beberapa jam.

Pada dasarnya, air panas menjadi kunci penting untuk meningkatkan kinerja detergen dan sabun cuci piring. Jadi, sabun cuci piring ini dipakai untuk melunturkan noda membandel, seperti noda minyak dan sisa masakan. Sedangkan detergen akan menghilangkan bau tengik sekaligus membuat lap dapur jadi kinclong.

Nah, setelah direndam, air akan tampak keruh. Hal ini menandakan bahwa noda-noda penyebab bau sudah luntur ke dalam air. Langkah terakhir, angkat dan langsung bilas lap dapur. Kemudian jemur lap dapur sampai kering.

Setelah kering, lap dapur ini tampak benar-benar bersih, lho. Sekalipun tidak dikucek dan disikat, tapi noda-noda luntur dengan sendirinya.

4. Dicuci pakai cuka, sabun cuci piring, dan detergen.

15 Cara membersihkan lap dapur dekil pakai bahan sederhana, warnanya kinclong seperti baru lagi

foto: YouTube/Adelia Fitri

Seorang pengguna YouTube bernama Adelia Fitri pernah membagikan tutorial sederhana dalam mencuci kain lap dapur. Tak hanya menggunakan cairan pembersih, dia juga memakai tambahan satu bahan dapur supaya kain lap bisa benar-benar bersih kembali.

Bahan dapur yang digunakan adalah cuka makan. Bahan satu ini bisa berguna untuk menghilangkan noda hitam yang membandel pada kain lap. Selain itu, cuka juga berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab bau tak sedap pada kain lap dapur tersebut.

Namun sebelum siap diberi cuka, lap dapur ini harus direndam terlebih dahulu, ya. Pertama-tama, siapkan baskom. Lalu tuang detergen cair, sabun cuci piring, dan air hangat secukupnya. Aduk-aduk sampai larut.

Jika sudah, masukkan kain lap dapur yang hendak dicuci. Pastikan lap dapur ini terendam sempurna, ya. Setelah itu, aduk-aduk lagi selama beberapa saat agar cairan pembersihnya bisa meresap sempurna. Jika sudah, rendam lap kain selama kurang lebih 1 jam supaya nodanya bisa luntur.

Setelah direndam, air rendaman kain tersebut jadi tampak sangat keruh. Menurut Adelia, hal ini menandakan bahwa noda membandel pada lap sudah mulai luntur. Nah, jika sudah seperti ini, angkat dan peras kain lap dapurnya.

Proses berikutnya, kucek-kucek dulu kain lapnya. Kemudian sikat kain lap. Sembari disikat, tambahkan detergen langsung ke permukaan kain, kemudian sikat lagi. Selain detergen, kamu bisa menambahkan cuka ke beberapa spot noda hitam pada kain lap. Lalu sikat lagi sampai bersih.

Selanjutnya, bilas kain lap yang sudah disikat bersih. Pastikan sisa sabunnya sudah hilang, ya. Setelah itu, jemur kain lap dapur sampai kering. Nah, setelah kering, kain lap tersebut benar-benar tampak bersih dan kinclong, lho.

5. Dicuci pakai detergen dan sabun cuci piring.

15 Cara membersihkan lap dapur dekil pakai bahan sederhana, warnanya kinclong seperti baru lagi

foto: YouTube/Erdi Story

Salah satu pengguna YouTube bernama Erdi mengaku memiliki cara khusus untuk mencuci kain lap dapur agar bisa bersih meski tanpa dikucek atau disikat.

Pengguna YouTube Erdi Story ini tidak menggunakan bahan khusus seperti pemutih atau sitrun. Dia justru menggunakan cairan pembersih yang lebih sederhana, yakni sabun cuci piring dan detergen. Namun supaya nodanya bisa luntur maksimal, ada trik khusus yang diterapkan.

Pengguna YouTube tersebut mengaku merendam kain lap dapur dengan air panas juga. Jadi langkah awal yang harus dilakukan adalah merebus air sampai benar-benar mendidih. Sembari menunggu, siapkan baskom dan masukkan kain lap yang kotor ke dalamnya.

Selanjutnya, tuang sabun cuci piring ke atas kain lap tersebut. Lalu tambahkan detergen bubuk secukupnya. Barulah kemudian tuang air panas yang sudah dididihkan. Tekan-tekan kain lap menggunakan bantuan jepitan atau kayu hingga semua bahan terserap.

"Air panas ini menjadi kunci untuk meningkatkan kinerja sabun pencuci piring dan detergen tadi. Sabun pencuci piring ini untuk menghilangkan lemak. Kalau detergen untuk membersihkan dan memberikan wangi untuk kain ini," terang Erdi.

Setelah diaduk, rendam kain lap ini hingga 2 jam. Semakin lama direndam tentu akan semakin baik karena noda pada kain lap jadi luntur maksimal. Nah, jika sudah direndam, langsung peras kain lap dan bilas di air mengalir.

Jika sudah dibilas, jemur kain lap di bawah sinar matahari sampai kering. Setelah kering, tampak kain lap ini jadi lebih bersih. Bahkan tampilannya juga cerah seperti kain lap yang baru. Menurut pengguna YouTube Erdi Story, aroma kain lap ini juga jauh lebih wangi dari sebelumnya.

6. Dicuci pakai air panas, sabun cuci piring, dan cairan pemutih.

15 Cara membersihkan lap dapur dekil pakai bahan sederhana, warnanya kinclong seperti baru lagi

foto: YouTube/PAUL KENDAL

Seorang warganet melalui akun YouTube PAUL KENDAL membagikan trik membersihkan lap dapur dekil. Meski tanpa sitrun, lap dapur yang dicuci tetap bersih maksimal, lho. Penasaran gimana caranya?

Di awal video, ia menunjukkan penampakan lap dapurnya. Tampak warna lap dapur yang awalnya putih sudah berubah kehitaman.

"Ini sudah sobek dan dekil banget. Cuma kalau dibuang sayang juga," ujarnya.

Untuk membersihkannya, ia mengaku punya racikan cairan pembersih khusus. Pertama, tuang air panas ke dalam ember. Lalu tambahkan sabun cuci piring dan cairan pemutih ke dalam ember, aduk sampai tercampur sempurna.

"Kita aduk sampai berbusa dan tercampur gini," ungkapnya lebih lanjut.

Setelah cairan pembersih jadi, masukkan lap yang dekil dan kotor ke dalam ember. Tekan-tekan lap agar terendam sempurna dalam cairan pembersih.

"Kita diemin aja selama 10-15 menit," ucapnya.

Buang air rendaman yang tampak keruh jika lap sudah direndam selama 10-15 menit. Ambil satu per satu lap, lalu gosok pakai sabun mandi yang berbentuk padat (batang).

"Ini ampuh untuk ngilangin noda membandel ya guys," ungkapnya.

Tanpa perlu mengeluarkan tenaga ekstra, noda membandel di lap hilang seketika. Selanjutnya, bilas lap pakai air biasa. Sebelum dipakai, keringkan lap dapur terlebih dahulu. Nah, setelah kering, tampilan lap dapur pun baru bisa terlihat.

"Hasilnya bersih, wangi, dan beda sekali ya dengan yang sebelumnya," ujarnya.

7. Dicuci dengan cuka dan baking soda.

15 Cara membersihkan lap dapur dekil pakai bahan sederhana, warnanya kinclong seperti baru lagi

foto: TikTok/@angieamandaaa

Pengguna TikTok @angieamandaaa menjelaskan bahwa ada bahan dapur yang bisa digunakan untuk mencuci lap dapur kotor dan dekil. Bahan dapur yang digunakan adalah cuka dan baking soda. Kedua bahan ini bisa ampuh menghilangkan noda membandel sekalipun. Selain itu, baking soda dan cuka juga dapat menetralisir bau tak sedap pada kain lap dapur.

Untuk cara pengaplikasiannya lebih jelas, siapkan dulu wadah untuk merendam kain lap. Kemudian isi dengan air panas. Tambahkan juga cuka dan baking soda secukupnya. Nah, jika tidak ada baking soda, kamu bisa menggantinya dengan pemutih pakaian.

Selanjutnya, aduk-aduk kain lap sampai benar-benar terendam sempurna. Jika menggunakan air panas, sebaiknya aduk dengan bantuan alat lain. Pada proses ini, biasanya kotoran pada kain lap akan langsung luruh dan membuat warna air jadi hitam. Tapi untuk hasil maksimal, sebaiknya rendam kain lap sampai airnya dingin.

Jika sudah direndam, kucek kain lap agar sisa noda yang masih menempel bisa hilang. Sambil dikucek, bilas sesekali dengan air. Barulah kemudian jika nodanya sudah benar-benar hilang, bilas lagi dan peras kain lap. Terakhir, jemur kain lap ini di bawah sinar matahari.

Nah, kain lap yang sudah dijemur dan kering bisa digunakan kembali. Tak hanya nodanya yang hilang, warna kain lap dapur juga jadi lebih cerah, lho.

8. Direbus detergen 10-15 menit.

15 Cara membersihkan lap dapur dekil pakai bahan sederhana, warnanya kinclong seperti baru lagi

foto: YouTube/BEHIND THE WALL

Seorang pengguna YouTube BEHIND THE WALL membagikan trik mencuci lap dapur dekil agar bersih kembali. Bahan yang digunakan adalah deterjen. Tapi nggak direndam begitu saja, melainkan tuang deterjen ke panci berisi air. Aduk-aduk lalu panaskan sampai larutan deterjen mendidih.

Setelah mendidih, masukkan lap dapur yang telanjur dekil. Aduk-aduk lap pakai kayu agar seluruh bagiannya terendam sempurna dengan air rebusan.

"Tunggu sampai 10-15 menit sampai semua kotorannya luruh semua di air rebusan," ujarnya.

Penggunaan air panas dipercaya bisa mengoptimalkan fungsi dari deterjen. Dengan begitu, semua noda membandel di lap jadi hilang tak tersisa. Setelah direbus selama 10-15 menit, angkat dan tiriskan lap. Tanpa perlu dikucek atau disikat lagi, langsung bilas lap dengan air mengalir.

Lap yang sudah dibilas sekilas tampilannya berubah drastis. Noda-noda hitam di permukaan lap tampak hilang seketika. Saat dipegang pun, lap sudah nggak berminyak lagi.

Tinggal jemur lap di bawah sinar matahari sampai kering. Jika sudah, lap bisa dipakai seperti biasa. Agar tidak kotor lagi, pastikan kamu rutin mencuci lap setiap habis digunakan.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya