15 Cara membersihkan lap dapur dekil pakai bahan sederhana, warnanya kinclong seperti baru lagi

15 Cara membersihkan lap dapur dekil pakai bahan sederhana, warnanya kinclong seperti baru lagi

Brilio.net - Kain lap memiliki fungsi cukup penting di dapur. Kain satu ini biasanya digunakan untuk mengelap permukaan dapur atau peralatan memasak yang berminyak maupun terkena kotoran.

Namun begitu, seiring digunakan terus, akan membuat lap dapur jadi benda yang paling rentan kotor dan bernoda. Kotoran yang menempel di lap dapur nggak cuma bikin tampilannya jadi kusam, tapi juga tak jarang menimbulkan bau tengik yang menyengat. Jika lap dapur yang dekil dan bau tak segera dibersihkan, maka kotoran yang menempel lama-kelamaan bisa membandel dan sulit dibersihkan. Lebih parahnya lagi, tetap sulit bersih meski sudah disikat dengan detergen dan air.

Oleh karena itu, banyak yang mencari cara untuk membersihkan lap dapur dekil. Misalnya menggunakan bahan dapur, yaitu baking soda, cuka, garam, hingga sabun cuci piring. Selain mengandalkan beberapa bahan dapur tersebut, masih ada trik dan bahan lain yang patut kamu coba, lho.

Nah, buat kamu yang memiliki lap dapur dekil dan ingin membuatnya kembali kinclong, yuk simak rangkuman BrilioFood dari berbagai sumber pada Senin (4/3), 15 cara membersihkan lap dapur dekil pakai bahan sederhana.

1. Direbus dengan larutan sabun cuci baju, lalu bilas sampai bersih.

15 Cara membersihkan lap dapur dekil pakai bahan sederhana, warnanya kinclong seperti baru lagi

foto: YouTube/Jom Do It

Pengguna YouTube Jom Do It membagikan cara mencuci lap dapur dekil tanpa harus menggunakan cairan pemutih. Pertama, rebus terlebih dahulu air di panci. Lalu tambahkan 1 sdm sabun cuci baju. Aduk-aduk hingga sabun tercampur rata dengan air.

Masukkan lap dapur yang akan dibersihkan. Matikan api kompor dan diamkan lap dapur terendam selama beberapa saat.

Biarkan dia terendam dengan larutan sabun selama 3 sampai 5 menit," jelasnya.

Apabila sudah direndam selama 3 sampai 5 menit, aduk-aduk lagi lap dapur dan nyalakan api kompor. Masak hingga air mendidih. Setelah mendidih, matikan api dan tunggu hingga airnya menjadi dingin.

Selanjutnya, ambil dan pindahkan lap ke wadah lain. Tanpa perlu dikucek atau digosok lagi, langsung bilas lap dengan air mengalir. Alhasil, lap dapur yang tadinya tampak dekil berubah bersih maksimal.

Noda minyak dan segala kotoran yang menempel di permukaan lap dapur seketika hilang. Peras lalu jemur lap dapur hingga kering agar bisa langsung digunakan seperti biasanya.

2. Dicuci pakai baking soda dan sabun cuci piring.

15 Cara membersihkan lap dapur dekil pakai bahan sederhana, warnanya kinclong seperti baru lagi

foto: YouTube/By Salma Haws

Pengguna YouTube By Salma Haws menunjukkan cara mencuci lap dapur yang kotor dengan menggunakan bahan dapur. Melalui salah satu video yang diunggah, pengguna YouTube tersebut tak hanya menggunakan sabun cuci piring untuk membersihkan lap dapur. Salma mengaku menggunakan tambahan bahan dapur yakni baking soda atau soda kue. Menurutnya baking soda ini memiliki fungsi yang sama dengan sitrun, yakni mengangkat noda membandel pada kain.

Untuk caranya pun cukup mudah. Pertama-tama, masukkan lap dapur ke dalam ember atau baskom kecil. Setelah itu, masukkan baking sodanya. Dalam video tersebut, dia menggunakan 2 sdm baking soda yang ditaburkan secara merata ke seluruh bagian kain lap.

Jika sudah, masukkan sabun cuci piring secukupnya. Nah, untuk hasil maksimal, Salma tidak menggunakan air biasa, melainkan air panas yang benar-benar mendidih. Dia menuang air panas ini ke dalam baskom berisi lap dapur tadi.

Setelah itu, aduk sebentar menggunakan bantuan alat agar tangan tidak melepuh terkena air panas. Jika sabun dan baking sodanya sudah merata ke seluruh bagian, diamkan dan tunggu sampai airnya dingin. Pada tahap ini, sabun cuci piring dan baking soda akan meresap ke dalam serat kain serta membantu merontokkan kotoran membandel.

"Cara ini tuh juga bisa bersihin lap dari minyak-minyak yang menempel," terang YouTube By Salma Haws lebih lanjut.

Tak perlu waktu lama untuk menunggu airnya dingin. Jika sudah, kucek lap dapur sampai nodanya hilang. Jika nodanya membandel, kamu bisa menggunakan sikat agar semakin bersih. Lalu bilas lap dapur di bawah air mengalir sampai benar-benar bersih.

Terakhir, keringkan lap dapur yang sudah dibersihkan. Nah, lap dapur yang sudah kering ini bisa digunakan kembali untuk membersihkan dapur dan perabot lainnya.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya