5 Cara mudah bikin sambal bakwan Pontianak yang pedas, enak, dan menggiurkan

5 Cara mudah bikin sambal bakwan Pontianak yang pedas, enak, dan menggiurkan
foto: YouTube/Dapoer Emi

Brilio.net - Beberapa wilayah di Indonesia memiliki makanan khas yang menggugah selera. Salah satunya adalah Pontianak dengan sajian khas gorengannya, yakni bakwan.

Bakwan Pontianak ini memiliki bentuk seperti mangkuk, yakni terdapat cekungan dan bulat. Teksturnya garing di bagian luar serta lembut di bagian dalam.

Tak hanya itu, jenis pilihan isinya pun cukup beragam. Mulai dari rebon, teri, hingga irisan cabai rawit. Resep bakwan Pontianak ini sebenarnya tak jauh berbeda dari adonan bakwan lainnya. Bedanya, bakwan Pontianak diberi tambahan daun kucai sebagai campurannya.

Selain menambahkan tekstur, daun kucai ini juga membuat aroma bakwan menjadi tambah menggugah selera. Selain daun kucai, yang khas dari bakwan Pontianak adalah sambal merah sebagai cocolannya.

Sambal merah ini diracik khusus dengan aneka bahan dan bumbu sehingga menghasilkan rasa yang pas, yaitu pedas, asam, serta manis menjadi satu. Sangat cocok jika dipadupadankan dengan kelezatan bakwan Pontianak.

Jadi penasaran, kan bagaimana cara membuat sambal bakwan khas Pontianak? Tenang, karena seorang warganet pengguna YouTube Dapoer Emi membagikan resep sekaligus tutorial bagaimana cara membuat sambal bakwan Pontianak.

Berikut telah BrilioFood lansir dari YouTube Dapoer Emi, Rabu (25/1), lima cara mudah bikin sambal bakwan Pontianak yang pedas, enak, dan menggiurkan.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya

Jalan Makan Kedai Roti Ibu Saya, nggak nyangka enaknya pizza cuma Rp 13 ribu

  • Jalan Makan Kedai Skuuy, makan bakso mercon ditambah iga bakar sepuasnya

    Jalan Makan Kedai Skuuy, makan bakso mercon ditambah iga bakar sepuasnya

  • Jalan Makan La Riviera, menikmati makanan Nusantara ditemani suasana Eropa

    Jalan Makan La Riviera, menikmati makanan Nusantara ditemani suasana Eropa

  • Jalan Makan This or That, Martabak Terenak Untuk Jajanan Sore Kamu Yang Mana?

    Jalan Makan This or That, Martabak Terenak Untuk Jajanan Sore Kamu Yang Mana?

Review

Selengkapnya