5 Cara mudah menggoreng tofu agar tidak gampang hancur

10 / 06 / 2021 14:00 WIB Intan Palupi
5 Cara mudah menggoreng tofu agar tidak gampang hancur
foto: Instagram/@hanniyizhen

Brilio.net - Tofu adalah makanan yang berasal dari Jepang dan dibuat dari endapan biji kedelai. Tofu sering disamakan dengan tahu karena sama-sama dibuat dari biji kedelai. Padahal keduanya memiliki perbedaan lho. Perbedaan tersebut dari proses pembuatan, tekstur, rasa, dan pengolahan.

Makanan ini memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga saat mengolahnya kamu harus ekstra hati-hati karena tofu mudah hancur. Mungkin beberapa dari kamu ada yang sangat menyukai tahu sutera alias tofu ini, namun bingung untuk memasaknya. Apalagi saat kamu ingin menggoreng tofu.

Saat membolak-balik tofu memang harus lebih berhati-hati karena akan mudah hancur atau pecah. Tapi, nggak usah khawatir lagi karena Brilio Food telah merangkum dari berbagai sumber, lima cara agar tofu tidak mudah hancur saat menggorengnya, Kamis (10/6).

1. Rendam tofu dalam air hangat.

5 cara menggoreng tofu © freepik.com

foto: freepik.com

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah merendam tofu dalam air hangat. Kemudian angkat tofu dan potong menjadi dua bagian mulai dari sisi tengahnya.

2. Jangan potong tofu terlalu tipis.

5 cara menggoreng tofu © freepik.com

foto: freepik.com

Selanjutnya adalah memotong tofu sesuai dengan selera. Namun, saat kamu memotong tofu, jangan memotongnya terlalu kecil atau terlalu tipis. Jika terlalu tipis akan membuat tofu mudah hancur.

3. Baluri dengan tepung maizena dan garam.

5 cara menggoreng tofu © freepik.com

foto: freepik.com

Kemudian, kamu dapat membaluri tofu yang sudah dipotong tadi dengan menggunakan tepung maizena dan garam. Kamu juga bisa membaluri tofu dengan tepung bumbu. Baluri secara tipis saja ya.

4. Goreng tofu saat minyak sudah panas.

5 cara menggoreng tofu © freepik.com

foto: freepik.com

Kamu juga bisa memasukkan minyak yang agak banyak ke wajan yang digunakan untuk menggoreng. Pastikan memasukkan tofu saat minyak sudah sangat panas dan tofu sampai tenggelam dalam minyak.

5. Jangan terlalu sering membolak-balik.

5 cara menggoreng tofu © berbagai sumber

foto: Instagram/@hanniyizhen

Pastikan untuk tidak terlalu sering membolak-balik tofu ya, cara ini dilakukan agar tofu tidak hancur. Tunggu sampai bagian bawah kering dan menguning baru kamu bisa membaliknya. Jika semua sudah matang dengan rata, tiriskan.

(brl/red)

Review

Selengkapnya