5 Trik agar bolu ketan hitam tidak mudah amblas dan kempes setelah dipanggang

5 Trik agar bolu ketan hitam tidak mudah amblas dan kempes setelah dipanggang
foto: YouTube/Natasya kitchen

Brilio.net - Para penggemar kue bolu tentu sudah tidak asing lagi dengan bolu ketan hitam. Jenis bolu satu ini bukan dibuat dari tepung terigu, melainkan tepung ketan hitam sebagai bahan dasarnya. Penggunaan tepung ketan inilah yang kemudian menghasilkan cita rasa khas dari bolu ketan hitam.

Sayangnya, penggunaan tepung ketan hitam ini juga bikin bolu ketan jadi lebih sulit dibuat dibandingkan saat membuat bolu pada umumnya. Jika asal, hasil bolu ketan justru bisa dengan mudah amblas dan kempes setelah dipanggang. Penyebab amblasnya bolu ketan ini biasanya dikarenakan adonan cair yang dimixer secara sembarangan.

Pasalnya, bolu ketan memilih tekstur adonan yang harusnya tidak terlalu cair, tidak kental, dan tidak terlalu kaku. Untuk menghasilkan adonan seperti itu, ada beberapa trik yang perlu dilakukan. Nah, salah satu pengguna YouTube bernama Natasya pernah membeberkan trik membuat adonan bolu ketan hitam tersebut.

Melalui salah satu video yang diunggah di YouTube Nah kitchen, dia menjelaskan apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat membuat bolu ketan hitam ini. Tidak hanya proses mixer adonan, tahap memanggang juga memengaruhi hasil akhir dari bolu ketan hitam yang dibuat. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak ulasan berikut yang BrilioFood rangkum dari YouTube Natasya kitchen, Rabu (11/1).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya