Trik menumis bumbu halus ini bikin aroma makin harum, bekal masakan lezat

Trik menumis bumbu halus ini bikin aroma makin harum, bekal masakan lezat
foto: YouTube/teguh ris .W

Brilio.net - Sebagian besar makanan Indonesia biasanya dimasak dengan bumbu-bumbu rempah. Biasanya bumbu rempah ini dihaluskan agar aromanya lebih menyeruak. Nah, biar makin sedap, bumbu halus ini akan ditumis terlebih dahulu.

Menumis merupakan metode memasak menggunakan sedikit minyak. Jadi, bumbu halus ini akan dimasak dengan sedikit minyak hingga benar-benar matang. Proses penumisan bumbu halus sendiri bertujuan agar bumbu tidak bau langu dan lebih harum.

Proses menumis bumbu ini memang tampak mudah. Namun siapa sangka, tidak sedikit yang tetap gagal karena hasil tumisan bumbu tetap langu. Atau sekalipun bumbu sudah tidak langu, bumbu tetap tidak mengeluarkan bau yang sangat sedap. Hal ini tentu akan memengaruhi hasil masakan yang diolah bersama bumbu tersebut.

Oleh karena itu, kamu perlu tahu sebuah trik sederhana dalam menumis bumbu halus. Salah satu koki di rumah makan khas Padang bernama Teguh pernah membagikan trik tersebut melalui sebuah video YouTube. Nah, video tersebut merupakan bentuk tanggapan dari salah satu warganet di YouTube.

"Kemaren ada yang bertanya, kok saya memasak, wangi nggak kayak di masakan-masakan Padang, ya? Ini saya kasih tahu, cara menumisnya kadang yang bikin beda," ungkap Teguh dikutip BrilioFood dari YouTube teguh ris .W pada Selasa (10/1).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya