5 Trik membuat kering tempe antilembek dan tahan lama, bisa jadi stok

5 Trik membuat kering tempe antilembek dan tahan lama, bisa jadi stok
foto: TikTok/@hi_erisa

Brilio.net - Kering tempe kerap dijadikan menu pelengkap dalam berbagai masakan. Mulai dari nasi kuning, nasi uduk, dan tumpeng memang kerap disajikan bersama kering tempe. Rasanya yang cenderung pedas manis memang jadi salah satu ciri khas yang membuat kering tempe jadi favorit banyak orang.

Lantaran dimasak hingga kering, menu satu ini pun sering dijadikan sebagai stok makanan. Namun tak jarang, kering tempe yang disimpan sebagai stok cenderung mudah lembek. Sehingga teksturnya sudah tak renyah lagi saat disantap. Kondisi tersebut tentu mengurangi kenikmatan kering tempe.

Selain cara penyimpanan yang kurang tepat, kering tempe yang lembek ini bisa disebabkan dari proses pembuatannya yang sembarangan, lho. Proses penggorengan yang asal-asalan, penggunaan air dan bumbu yang kurang tepat bisa berpengaruh pada rasa dan tekstur kering tempe. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara membuat kering tempe yang hasilnya selalu renyah.

Dengan membuat kering tempe yang tepat, teksturnya pun tidak berubah meski sudah disimpan berhari-hari. Kamu bisa meniru resep yang dibagikan pengguna TikTok bernama Arisa.

Dilansir BrilioFood dari akun TikTok/@hi_erisa pada Rabu (16/11), berikut resep dan cara membuat kering tempe yang antilembek dan renyah tahan lama.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya