7 Trik Nikita Willy mengatasi Baby Issa malas makan, anak antirewel dan bebas paksaan

7 Trik Nikita Willy mengatasi Baby Issa malas makan, anak antirewel dan bebas paksaan
Suasana makan juga penting, lho |

4. Ganti suasana makan.

7 Trik Nikita Willy mengatasi Baby Issa malas makan, anak antirewel dan bebas paksaan

foto: YouTube/Nikita Willy Official

Nikita Willy juga menjelaskan, salah satu alasan anak malas makan bisa jadi karena bosan dengan suasana yang itu-itu saja. Sehingga, orang tua dituntut untuk lebih kreatif untuk mengganti suasana makan anak. Misalnya, biasanya anak makan di meja makan bisa berpindah ke teras atau jika anak sering duduk di high chair saat makan bisa dipindahkan ke pangkuan.

"Minta bantuan anggota keluarga lain buat pangku anaknya, terus kita suapin sambil dipangku sama orang tersebut. Tapi, jangan digendong, karena takutnya kalau misalkan dia sekali aja makan digendong dan dia suka, dia pasti akan terus minta digendong untuk makan," ujarnya.

5. Ganti menu makanan setiap harinya.

7 Trik Nikita Willy mengatasi Baby Issa malas makan, anak antirewel dan bebas paksaan

foto: YouTube/Nikita Willy Official

Selama beberapa bulan mengenal makanan, pastinya anak sudah punya sejumlah menu yang ia sukai dan pastinya doyan. Namun, menurut Nikita Willy, jangan hanya terpaku pada satu jenis menu setiap harinya, sehingga anak tidak mudah bosan dengan makanan. Dengan mengganti jenis makanan setiap hari, anak pun akan semakin kenal dengan rasa bahan-bahan makanan lainnya.

Mengganti menu setiap harinya juga bermanfaat untuk kesehatan anak, lho. Dilansir dari raisingchildren.net.au, bahan makanan yang berbeda pastinya juga punya nutrisi yang berbeda pula, sehingga tubuh anak mendapatkan aneka nutrisi untuk meningkatkan tumbuh kembangnya.

6. Jangan langsung ganti menu MPASI saat anak menolak makan.

7 Trik Nikita Willy mengatasi Baby Issa malas makan, anak antirewel dan bebas paksaan

foto: Instagram/@nikitawillyofficial94

Memang rajin mengganti menu makanan anak setiap hari, tapi Nikita Willy pantang mengganti menu saat anaknya menolak makan dengan dalih agar anaknya mau makan, lho. Nah, biasanya, Nikita Willy menyiapkan menu yang sama buat makan pagi, siang, dan malam. Menu yang berbeda hanya snack di pagi dan sore hari.

"Misalnya dia nggak mau makan ini, kita jangan langsung ganti menu untuk ke makanan yang lain. Karena dari yang aku baca dia akan menjadi picky eater (pemilih), jadi dia cuma mau makan yang dia suka doang. Jadi kalau misalnya dia menolak sekali, kita terus coba, coba, coba, sampai kita coba kayak 15 kali suap gitu kalau emang dia udah nggak mau berarti ya udah, berarti dia nggak mau makan, tapi jangan langsung ganti menu ke makanan yang dia suka," ungkap Nikita Willy.

7. Siapkan finger food yang dibekukan.

7 Trik Nikita Willy mengatasi Baby Issa malas makan, anak antirewel dan bebas paksaan

foto: Unsplash/Angèle Kamp

Selain memang ogah makan, menurut Nikita Willy anak tidak mau makan juga bisa dikarenakan oleh gusinya yang sedang tumbuh gigi. Hal ini memang membuat gusi anak kurang nyaman untuk makan. Tak hanya itu, bahkan anak terkadang bisa menjadi demam dan mengeluarkan air liur yang banyak.

Nah, biasanya Nikita Willy menyiapkan finger food, seperti camilan dan buah-buahan, yang dibekukan untuk disantap sang anak. Usut punya usut, rasa dingin dari finger food beku bisa membantu mengurangi rasa nggak nyaman pada gusi anak sembari tetap ada makanan yang masuk ke tubuh anak.

Gimana, kece banget kan trik parenting soal mengatasi anak malas makan ala Nikita Willy ini? Mengintip kolom komentar di unggahannya, tak sedikit warganet yang kagum dan terinspirasi, lho. Unggahan di YouTube Nikita Willy Official ini juga sudah ditonton sampai 500 ribu kali.

"Hai kak Niki , baru beberapa Minggu ini aku tertarik dengan metode parenting kak Niki . Kalau boleh tau adakah buku atau hanya sekedar artikel yang kak niki baca tentang parenting yang sekarang jadi metodenya kak Niki ?" tanya YouTube Widya Paramita.

"Definisi menikah harus siap mental nyaa,, ini yg aku lihat dr Nikita, bener2 siap dan menyiapkan diri juga, jadi pas punya anak, ilmu dan segalanya udh paket komplit,, Seneng lihat pola parenting Nikita ke issa,, " ujar YouTube NURIN INAYATI.

"Defini mengurus bayi yang real di ajak komunikasi nggk d kasih gadget dan anak bner2 eksplor sesuai usianya , suka banget liat baby issa dan ibu Niki ," cetus YouTube Ummu Malik.

"ibu muda yang ga kalah keren nya dalam mengurus anak, ka Niki sungguh wanita yang sangat menginspirasi, jadi pengen berkeluarga ," ungkap YouTube Siska Damayanti.

"Suka banget sama cara didiknya kak niki ke baby issa. babyku btw baru 5bulan, semoga aja pas mpasi dia doyan, menu nya terinsipirasi dr baby issa," kata YouTube Aprila Umi.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya