8 Jenis udang laut ini jadi incaran pecinta seafood

28 / 05 / 2021 23:02 WIB Shahfara Raida
8 Jenis udang laut ini jadi incaran pecinta seafood
HL: freepik.com

Brilio.net - Salah satu makanan yang berasal dari hewan laut atau seafood yang paling terkenal adalah udang. Hidangan seafood udang sangat beragam, mulai tumis pedas, tumis asam manis, tumis saus tiram, goreng, bakar, dan masih banyak lagi.

Hidangan udang laut sangat terkenal dan dapat dengan mudah ditemukan di mana saja. Udang laut memiliki tekstur yang lembut dan empuk, serta rasa yang manis dan gurih. Lauk ini dijamin bisa menambah selera makan jika disantap dengan nasi hangat.

Selain nikmat, udang laut juga memiliki berbagai nutrisi untuk kesehatan. Udang tinggi akan kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, protein, zinc, asam lemak omega 3 dan 6, antioksidan, dan yodium.

Manfaatnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah anemia, menjaga kesehatan tulang, dan lain-lain. Udang laut yang begitu dikenal oleh orang banyak adalah lobster. Namun, masih ada lagi jenis udang laut lainnya yang juga tak kalah lezat untuk dikonsumsi, lho.

Berikut berbagai jenis udang laut yang enak dikonsumsi seperti dilansir brilio.net dari beberapa sumber, Jumat (28/5).

1. Udang jerbung.

8 jenis udang laut favorit semua orang  berbagai sumber

foto: Instagram/@cookingwithsheila

Udang jerbung biasa dikenal juga dengan udang putih. Udang ini memiliki cangkang yang tipis dan licin berwarna putih kekuningan. Tinggi tubuh udang jerbung ini bisa mencapai lebih dari 20 cm, lho.

Selain itu, tekstur daging udang ini padat, sehingga cocok dimasak dengan cara dikukus, direbus, dan digoreng. Namun, kurang cocok untuk dibakar karena cangkang tipisnya mudah gosong.

2. Udang dogol.

8 jenis udang laut favorit semua orang  berbagai sumber

foto: freepik.com

Udang dogol ini kerap disebut dengan pink shrimp. Sebab, warna cangkangnya sedikit merah muda kekuningan. Udang satu ini ukurannya lumayan kecil, sehingga cocok digunakan sebagai campuran pada salad.

Banyak juga yang memberi nama udang ini sebagai udang salad. Di samping itu, udang ini juga banyak dimasak dengan cara digoreng dengan baluran tepung supaya hasilnya renyah dan gurih.

3. Udang rebon.

8 jenis udang laut favorit semua orang  berbagai sumber

foto: Instagram/@lilian.mor23

Siapa yang tidak tahu dengan udang satu ini? Udang rebon merupakan jenis udang laut yang memiliki ukuran paling kecil, hanya 2-3 cm. Di balik ukurannya yang kecil, udang ini tetap bernutrisi, lho.

Nah, udang rebon ini biasa ditemukan pada olahan abon, kerupuk, serta terasi. Selain itu, udang rebon juga dapat diolah sebagai campuran rempeyek, perkedel, dan sambal.

4. Udang peci.

8 jenis udang laut favorit semua orang  berbagai sumber

foto: freepik.com

Udang peci merupakan varian lain dari udang jerbung. Untuk membedakannya, biasanya udang peci memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan udang jerbung. Warnanya juga berbeda, yaitu warna putih yang sedikit gelap dengan bintik-bintik hitam.

Karena ukurannya yang relatif kecil, udang peci juga biasa diolah menjadi bakwan dan rempeyek. Udang peci pun biasa dimasak dengan cara digoreng atau ditumis. Namun karena cangkangnya yang tipis seperti udang jerbung, jadinya udang ini kurang cocok untuk dibakar.

5. Udang pancet.

8 jenis udang laut favorit semua orang  berbagai sumber

foto: freepik.com

Udang pancet kerap disebut juga dengan nama udang windu atau tiger shrimp. Udang jenis ini memiliki cangkang yang tebal berwarna hijau atau merah dengan garis gelap melintang.

Ukuran udang ini lumayan besar, sehingga cocok dimasak dengan cara digoreng maupun dibakar. Udang pancet ini dapat ditemukan di sepanjang pantai Australia, Asia Selatan, Afrika Timur, serta Asia Tenggara.

6. Udang vaname.

8 jenis udang laut favorit semua orang  berbagai sumber

foto: freepik.com

Udang vaname, dikenal juga dengan nama whiteleg atau udang putih Pasifik ini merupakan salah satu jenis udang laut dengan harga yang relatif mahal. Namun, udang ini memiliki banyak penggemar sehingga sering kali diburu karena tekstur dagingnya yang sangat empuk dan lezat. Warna udang ini adalah putih dengan corak kebiru-biruan.

Selain itu, proses budidaya udang yang satu ini juga cepat. Di Indonesia sendiri, udang ini biasanya dibudidayakan di tambak maupun kolam. Udang ini cocok diolah menjadi banyak jenis masakan, seperti goreng, tumis balado, maupun sup.

7. Udang kipas.

8 jenis udang laut favorit semua orang  berbagai sumber

foto: Instagram/@nr_ranee

Jenis udang laut lainnya adalah udang kipas atau udang sikat. Nah, udang yang satu ini mirip sekali dengan lobster, namun ukurannya lebih kecil. Selain dari ukuran, untuk membedakan udang kipas dan lobster dapat dilihat dari cangkangnya, yaitu lebih lunak daripada cangkang lobster, namun tetap keras dan sedikit kasar. Udang satu ini biasanya diolah menjadi masakan bersaus dan bersantan.

8. Lobster.

8 jenis udang laut favorit semua orang  berbagai sumber

foto: freepik.com

Lobster biasa dikenal juga dengan nama udang barong atau udang karang. Sudah menjadi rahasia umum jika lobster memiliki ukuran yang besar, beratnya bisa mencapai 2 kilogram per ekornya.

Cangkang lobster tebal dan keras, sehingga cocok dimasak menjadi hidangan apa saja, bahkan dapat dibakar. Dikenal lezat dengan daging tebal, lobster ini dikenal juga sebagai makanan mewah.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Pizza Brust Teflon

  • Macaroni Fruits Salad

    Macaroni Fruits Salad

  • Pandan Floating Island

    Pandan Floating Island

  • Donat Bomb Brulee

    Donat Bomb Brulee

Review

Selengkapnya