Awet panas sampai 3 hari, ini cara memperbaiki termos lama yang bikin air cepat dingin

Awet panas sampai 3 hari, ini cara memperbaiki termos lama yang bikin air cepat dingin
YouTube/IDE KREATIF CHANNEL

Brilio.net - Termos merupakan wadah minuman yang memiliki fungsi khusus untuk menjaga suhu pada minuman tersebut. Biasanya suhu air atau minuman panas yang disimpan di termos bisa bertahan dalam hitungan jam. Dilansir dari thespruce.com, termos dapat menahan suhu panas selama 10-12 jam lamanya.

Namun seiring dengan pemakaiannya, fungsi termos bisa menurun, lho. Air panas di dalam termos dapat cepat dingin dalam waktu kurang dari 5 jam saja. Kondisi termos seperti ini tentu dapat menyusahkan penggunanya.

Masalah termos seperti ini memang bisa sebabkan oleh beberapa hal, tergantung bahan dasar dan jenisnya. Jika termos berbahan plastik berukuran besar, biasanya air cenderung cepat dingin karena fungsi tabung kaca (yang menahan panas) mulai aus termakan usia. Namun jika termos berbahan stainless, penyebabnya bisa lain lagi.

Seorang pengguna YouTube IDE KREATIF CHANNEL pernah menjelaskan lebih lanjut tentang penyebab termos stainless cepat dingin melalui salah satu video yang diunggah. Dalam video tersebut, dia mengaku masalah tersebut bisa disebabkan oleh dua hal. Pertama, termos sering diletakkan di atas lantai keramik atau wastafel.

"Kalau bisa diletakkan di atas meja kayu atau dikasih tatakan, jangan langsung tersentuh dengan benda-benda seperti keramik," terang YouTube IDE KREATIF CHANNEL, dikutip BrilioFood pada Senin (7/8).

Penyebab kedua, termos sering dipakai untuk wadah kopi atau teh. Sebenarnya, untuk memperpanjang usianya, termos seharusnya hanya dipakai untuk air panas. Pasalnya, kopi atau teh bisa meninggalkan noda kerak, khususnya di area tutup termos. Nah, kerak yang menempel di tutup termos ini membuat suhu panas di dalamnya merembes keluar dengan cepat. Alhasil, air panas akan cepat dingin.


(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya