Tak perlu digoreng dua kali, ini trik bikin singkong goreng yang empuk, renyah, dan merekah

Tak perlu digoreng dua kali, ini trik bikin singkong goreng yang empuk, renyah, dan merekah
foto: YouTube/Ika Mardatillah

Brilio.net - Singkong tergolong sebagai umbi-umbian yang punya banyak fungsi. Dilansir dari arc.agric.za, singkong banyak diolah jadi tepung, pangan ternak, bahan pembuatan kertas, pemanis buatan, atau yang biasa dilakukan, yakni memasaknya jadi menu makanan sehari-hari. Buat jadi bahan makanan, singkong dikenal pula sebagai sumber karbohidrat yang bisa gantikan nasi.

Selain karbohidrat, dilansir dari medicalnewstoday.com, umbi-umbian satu ini juga punya protein, serat, kalsium, magnesium, potassium, vitamin C, dan masih banyak lagi. Tetapi, terlepas dari nutrisinya yang melimpah, singkong juga mengandung racun, lho. Usut punya usut, singkong mentah yang belum dimasak masih mengandung sianida yang berbahaya apabila masuk ke dalam tubuh.

Banyak cara memasak singkong, contohnya singkong bisa dimasak jadi kue bolu, brownies, bingka, putu ayu, kue lapis, getuk, kue talam, atau singkong goreng. Nah, di antara menu lainnya, singkong goreng sepertinya jadi kesukaan semua orang, karena rasanya gurih dan memiliki tekstur renyah. Namun, masih banyak orang yang gagal goreng singkong jadi empuk dan renyah saat mencoba membuatnya di rumah, lho.

Alhasil, tak jarang konten-konten seputar trik bikin singkong goreng seliweran di media sosial. Biar hasil gorengan singkong bisa bagus, biasanya orang-orang harus menggorengnya hingga dua kali. Tetapi, berbeda dengan warganet bernama Ika, menurutnya ada trik lain yang nggak kalah ampuh bikin singkong goreng bisa empuk, renyah, dan merekah sempurna. Lantas, gimana sih caranya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya