Bekal bahan donat, ini trik mengaktifkan ragi instan agar mengembang sempurna

Bekal bahan donat, ini trik mengaktifkan ragi instan agar mengembang sempurna
YouTube/Reza Octavia Kitchen

Brilio.net - Ragi jadi salah satu bahan utama pembuatan roti. Salah satu roti yang wajib ditambahkan ragi adalah donat. Nah, kemungkinan roti bantat dan rasanya kurang lezat, bisa jadi karena kamu tidak mencampurkan ragi ke dalam adonan.

Dilansir dari finecooking.com, ragi merupakan mikroorganisme sel tunggal serupa jamur. Ia merupakan jamur pemakan gula. Hal inilah yang dimanfaatkan untuk membuat adonan donat mengembang dengan sempurna.

Ragi sendiri terdiri dari beberapa jenis, yaitu ragi kering, segar, dan juga instan. Ketiga jenis ragi tersebut bisa dipakai untuk membuat donat. Dari berbagai jenis ragi tersebut pula, kebanyakan orang memilih untuk menggunakan ragi instan. Selain praktis, jenis ragi instan juga dikenal lebih tahan lama dibanding lainnya.

Meski praktis, namun sebelum mencampurkannya ke dalam adonan, ragi harus dilarutkan terlebih dahulu dengan air. Selain untuk mempercepat ragi tercampur rata dengan adonan, proses ini juga berguna untuk memastikan tingkat aktivitasi ragi itu sendiri. Namun, ternyata masih banyak orang yang mengalami kendala saat melakukan proses satu ini, lho.

Misalnya ragi yang dihasilkan justru tidak mengembang dengan sempurna sehingga tidak bisa dicampur ke adonan roti. Kemudian tak sedikit orang merasa kalau ragi tidak aktif, sudah tak berguna lagi. Dengan begitu ragi pun langsung dibuang.

Nah, untuk meminimalisir kesalahan mengolah ragi, kamu bisa melihat sekaligus meniru cara yang dilakukan oleh warganet yang bernama Reza Octavia.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya