Bermodal galon bekas, begini cara praktis bikin dispenser beras antikutu

Bermodal galon bekas, begini cara praktis bikin dispenser beras antikutu
YouTube/EducaRiza

Brilio.net - Galon berfungsi sebagai penampung air minum. Biasanya galon bisa dibersihkan dan digunakan kembali untuk diisi ulang airnya. Hal ini lantaran bahannya kokoh dan tahan lama.

Namun kini ada juga galon yang hanya bisa digunakan satu kali saja, lho. Galon jenis ini biasanya memang berbahan plastik dan lebih tipis. Sehingga tidak tahan lama dan kurang layak jika diisi ulang dengan air minum lagi.

Karena sekali pakai, galon tersebut sering dibuang begitu saja dan jadi limbah rumah tangga. Jika semakin sering dibeli, akan banyak juga limbah galon yang tak terpakai. Menumpuknya galon sekali pakai pun bisa bikin sampah rumah tangga juga jadi menggunung.

Untuk mengurangi sampah galon tersebut, kamu dapat mendaur ulangnya jadi barang bermanfaat, lho. Salah satunya dibikin dispenser beras yang antikutu. Yup, ukurannya yang besar tentu bisa muat banyak beras.

Cara membuat dispenser beras dari galon pun cukup praktis. Salah satu pengguna YouTube bernama EducaRiza pernah membagikannya melalui video yang diunggah. Dalam unggahan tersebut, dia menggunakan alat dan bahan yang sangat sederhana.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya