Bikin tetangga kaget, rutin makan bahan dapur ini ampuh turunkan tekanan darah tinggi dalam 2 bulan

Bikin tetangga kaget, rutin makan bahan dapur ini ampuh turunkan tekanan darah tinggi dalam 2 bulan
YouTube/Emasuperr

Brilio.net - Berbagai masakan bisa jadi lebih lezat berkat bumbu rempah, salah satunya bawang putih. Rasa gurih dan aroma wangi yang diberikan bawang putih buat masakan memang bikin nagih banget.

Bukan hanya jadi bumbu dapur, tapi bawang putih juga dapat digunakan sebagai bahan pengobatan alternatif, lho. Bahkan, sudah banyak obat-obatan herbal maupun suplemen yang dibuat dari bawang putih. Namun, buat yang ingin mengonsumsinya langsung dalam kondisi segar juga bisa.

Hal seputar mengonsumsi bawang putih untuk kesehatan ini sempat dijelaskan oleh Ema, dokter sekaligus YouTuber, lewat unggahan di akun YouTube pribadinya Emasuperr. Ia menjelaskan, sudah banyak penelitian soal manfaat dari rempah satu ini, seperti meningkatkan imun tubuh, melawan kolesterol, melawan pikun, menguatkan tulang, membakar lemak, mencegah kanker, menyehatkan jantung, mengatasi diabetes, sampai menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Bikin tetangga kaget, rutin makan bahan dapur ini ampuh turunkan tekanan darah tinggi dalam 2 bulan

foto: YouTube/Emasuperr

Mengatasi hipertensi menggunakan bawang putih, dilansir dari healthmatch.io, dapat efektif karena bumbu ini memiliki kandungan allicin. Nah, allicin ini dipercaya bisa mencegah produksi angiotensin, yaitu hormon dalam tubuh yang bisa meningkatkan tekanan darah.

Di sisi lain, menurut penelitian terbitan National Library of Medicine, bawang putih dapat menunjukkan efek dapat mengatasi hipertensi dalam waktu 2 sampai 5 bulan, tergantung tingkat keparahan dan dosis bawang putih yang dikonsumsi. Tapi, umumnya, bawang putih dikonsumsi sebanyak 4 butir per hari buat atasi hipertensi.

Namun, pastikan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter masing-masing terkait konsumsi bawang putih untuk mengatasi hipertensi, karena kondisi kesehatan masing-masing orang berbeda. Selain itu juga, jika keliru memakannya, bisa-bisa bawang putih tidak memberi dampak positif sama sekali pada tubuh, lho.

"Ternyata jika dikonsumsi dengan cara dan dosis yang salah, bukannya mendapat efek kesehatan, yang ada malah dapat efek sampingnya," ujarnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Emasuperr pada Jumat (23/6).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya