Bukan dibalut tepung, ini trik goreng bawang merah agar renyah, tak berminyak, dan antigosong

Bukan dibalut tepung, ini trik goreng bawang merah agar renyah, tak berminyak, dan antigosong
foto: TikTok/@martinpraja

Brilio.net - Bawang goreng biasa digunakan sebagai garnish atau taburan berbagai masakan. Selain bikin makanan yang cantik, bawang goreng juga berguna untuk menyedapkan masakan, lho. Bahkan dalam beberapa resep masakan, bawang goreng ini juga dipakai sebagai bumbu dasar, seperti halnya bawang putih atau bawang merah mentah.

Pada dasarnya bawang goreng bisa dibuat dari jenis bawang merah atau bawang putih. Namun jenis yang paling sering dipakai untuk campuran masakan adalah bawang merah. Bukan tanpa sebab, bawang merah yang digoreng memiliki aroma yang lebih sedap serta rasa yang gurih. Berbeda dengan bawang putih goreng yang memiliki sedikit rasa pahit.

Dilihat dari segi pembuatan, bawang merah ini sebenarnya cukup digoreng begitu saja dalam minyak panas. Walau sekilas tampak mudah, namun banyak orang yang justru masih gagal saat menggoreng bawang merah. Alih-alih mendapat hasil yang krispi dan gurih, bawang merah yang digoreng terkadang justru gosong atau bahkan lembek karena terlalu berminyak.

Memang sebenarnya butuh trik khusus saat menggoreng bawang merah ini. Sebagian besar orang biasanya akan menambahkan tepung beras untuk balutan bawang merah, sebelum siap digoreng. Tepung ini dinilai dapat membuat tekstur bawang jadi lebih renyah dan tak mudah gosong.

Sayangnya pemberian tepung ini juga bisa memengaruhi rasa pada bawang merah. Jika takarannya tidak pas, bawang merah yang sudah digoreng justru bisa jadi hambar atau kurang gurih. Oleh sebab itu, banyak orang yang juga menghindari penambahan tepung.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya