Jangan direndam air, ini trik goreng bawang merah agar renyah maksimal dan warnanya cantik

Jangan direndam air, ini trik goreng bawang merah agar renyah maksimal dan warnanya cantik
foto: TikTok/@mardatillahika

Brilio.net - Pada dasarnya, bawang goreng bisa dibuat dari jenis bawang apa pun. Mulai dari bawang merah, bawang putih, hingga bawah bombay bisa dijadikan bawang goreng yang renyah dan sedap. Tapi banyak orang yang memilih bawang merah karena rasanya cenderung gurih dan enak.

Bawang merah goreng biasanya dijadikan sebagai taburan masakan, seperti nasi goreng, rawon, nasi kuning, dan masih banyak lagi. Nggak cuma itu, bawang merah goreng juga sering dipakai sebagai bumbu dasar pada pembuatan kuah bakso. Penggunaan bawang merah goreng ini bisa menambah cita rasa kuah yang sedap.

Sayangnya, membuat bawang goreng ini gampang-gampang susah, terlebih jika menilik tahap penggorengannya. Menggoreng bawang merah cenderung butuh teknik tertentu agar tidak gosong dan warnanya jadi hitam. Selain itu, menggoreng bawang merah juga sangat berpengaruh pada cita rasanya.

Untuk menghasilkan bawang goreng yang renyah, sejumlah orang biasanya akan merendam bawang di dalam air sebelum digoreng. Air rendamannya ini pun dicampur dengan bahan lain, seperti garam dan cuka. Proses ini dianggap mampu membuat bawang merah goreng jadi lebih renyah dan gurih.

Padahal tahu nggak sih? Sebenarnya bawang merah ini tak perlu direndam dulu sebelum digoreng. Menurut pengguna TikTok @mardatillahika, merendam bawang merah justru bisa memberikan efek samping yang merugikan. Dia mengaku bahwa merendam bawang merah dapat membuat bawang jadi lebih cepat lembek.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya