Bukan dicampur bubuk khusus, ini trik padatkan minyak goreng bekas sebelum dibuang pakai 1 bahan dapur

Bukan dicampur bubuk khusus, ini trik padatkan minyak goreng bekas sebelum dibuang pakai 1 bahan dapur
foto: Instagram/@casanaf_

Brilio.net - Memasak dengan teknik menggoreng pakai minyak memang sulit ditinggalkan oleh sejumlah orang. Pasalnya, proses menggoreng dianggap lebih praktis dan bisa bikin masakan cepat matang dibanding teknik masak lain. Selain itu, tekstur renyah pada hidangan tertentu juga terkadang hanya bisa didapat lewat proses menggoreng dengan minyak.

Minyak untuk menggoreng masakan biasanya dapat digunakan berulang sampai 2 atau 3 kali. Setelah itu, biasanya kondisi minyak goreng sudah kotor dan berbau tengik. Jika tetap digunakan untuk masak, pastinya bisa menurunkan kualitas hidangan. Nah, minyak goreng bekas ini bisa dibuang ataupun didaur ulang jadi alat seperti lilin, sabun, dan lainnya.

Kalau dibuang, sebaiknya minyak goreng jangan dituangkan ke saluran air wastafel, ya. Dilansir dari ezimmerman.com, minyak bekas yang dibuang ke wastafel bisa mengganggu kerja pipa salurannya atau bahkan mencemari lingkungan, lho. Biar lebih ramah lingkungan, trik membuang minyak goreng bekas bisa kamu tiru dari kebanyakan masyarakat Jepang.

Di negeri matahari terbit tersebut, orang-orang menambahkan bubuk olah limbah minyak goreng khusus untuk memadatkannya sebelum minyak goreng bekas dibuang ke tempat pembuangan sampah. Bubuk tersebut bisa dibeli di e-commerce atau supermarket modern. Namun, alih-alih pakai bubuk khusus, kamu bisa meniru trik lain dari warganet di akun Instagram @casanaf_ yang jauh lebih sederhana.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya