Bukan dijemur atau disangrai, ini ini trik mengeringkan terasi agar harum dan awet tanpa kulkas

Bukan dijemur atau disangrai, ini ini trik mengeringkan terasi agar harum dan awet tanpa kulkas
YouTube/The dbc Family

Brilio.net - Terasi termasuk salah satu bumbu masak yang punya aroma khas. Biasanya terasi dipakai untuk campuran sambal atau aneka tumisan. Rasa dan aromanya yang nendang bikin masakan makin sedap dan lezat.

Aroma dan rasa terasi begitu khas ini berasal dari udang atau ikan yang digunakan sebagai bahan dasarnya. Bahan tersebut kemudian difermentasi untuk menghasilkan adonan dan pasta terasi. Kamu bisa mendapatkan hasil fermentasi terasi ini dengan mudah di pasaran atau supermarket.

Namun terasi yang sudah dalam bentuk fermentasi ini biasanya dikenal masih mentah. Sehingga harus diolah atau dipanaskan lagi supaya rasa dan aromanya lebih kuat. Selain itu, memanaskan terasi juga membuatnya lebih awet saat disimpan.

Menyimpan terasi yang masih mentah pada dasarnya memang sangat berisiko. Terasi mentah biasanya masih basah sehingga cepat basi dan berjamur dalam hitungan hari. Oleh sebab itu, terasi harus disangrai atau dijemur dulu agar kering dan lebih tahan lama ketika disimpan.

Selain dijemur atau disangrai, terasi juga bisa dikeringkan dengan cara lain, lho. Seorang pengguna YouTube The dbc Family pernah membeberkan trik mengeringkan terasi tanpa dijemur ataupun disangrai. Trik ini cenderung lebih praktis dan mudah ditiru, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya