Bukan dikukus, ini cara mengolah kulit lumpia yang beku agar lentur kembali

Bukan dikukus, ini cara mengolah kulit lumpia yang beku agar lentur kembali
foto: YouTube/Cordova Store Record

Brilio.net - Selain dijadikan sebagai pembungkus lumpia, kulit lumpia kini juga banyak dikreasikan menjadi berbagai camilan. Mulai dari dimsum, pisang cokelat, martabak mini, dan lain sebagainya.

Kulit lumpia sendiri terbuat dari campuran tepung terigu dan air yang dicetak dalam lembaran bundar dan tipis. Hal itu yang membuat kulit lumpia menjadi renyah saat digoreng nantinya.

Tak melulu membuatnya sendiri di rumah, kulit lumpia pun sudah banyak dijual di luaran sana. Dibanderol dengan harga yang relatif murah, kulit lumpia bisa dibeli sesuai dengan jumlah yang kamu butuhkan. Biasanya dalam setiap plastik kulit lumpia, terdiri dari 50 sampai 100 lembar.

Apabila kulit lumpia tidak habis dalam satu waktu, kebanyakan orang menyimpannya di dalam kulkas agar tetap tahan lama. Sayangnya, kulit lumpia yang dimasukkan ke dalam kulkas malah menjadi beku dan mengeras. Kulit lumpia yang mengeras ini tentunya menjadi sulit untuk dipisahkan saat akan digunakan.

Jika dipisahkan secara paksa, alhasil kulit lumpia pun bisa menjadi sobek sehingga tak bisa digunakan lagi. Sebagai solusinya, sebagian orang sengaja mengukusnya terlebih dahulu untuk melunakkan kulit lumpia. Tapi cara ini malah bisa membuat tekstur kulit lumpia menjadi mudah hancur ketika digulung nantinya.

Untuk meminimalisir hal itu terjadi, kamu bisa meniru apa yang dilakukan oleh pengguna YouTube Cordova Store Record. Dalam videonya, ia menunjukkan bagaimana cara mengolah kulit lumpia yang baru saja dikeluarkan dari dalam freezer agar menjadi lunak dan bisa dipakai.

Di awal video, ia menunjukkan bagaimana kondisi kulit lumpianya yang mengeras dan saling menempel satu sama lain. Kondisi ini tentunya membuat PR tersendiri saat akan mengolahnya menjadi berbagai camilan.

Bukan dikukus, ini cara mengolah kulit lumpia yang beku agar lentur kembali

foto: YouTube/Cordova Store Record

(brl/tin)
Advertising
Advertising
SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA