Bukan dikukus, ini trik masak sayur urap agar bumbu meresap, matang sempurna, dan tak cepat basi

Bukan dikukus, ini trik masak sayur urap agar bumbu meresap, matang sempurna, dan tak cepat basi
foto:YouTube/DAPUR TETEH WIWIN

Brilio.net - Sebagai salah satu makanan tradisional, sayur urap sering disajikan pada acara tertentu. Bukan tanpa alasan, menu satu ini memang punya rasa nikmat sekaligus segar saat disantap. Agar lebih mengenyangkan, sayur urap bisa disajikan dengan aneka lauk lainnya seperti telur puyuh ataupun tempe bacem.

Saat ini mencari sayur urap di luaran sana terbilang sulit. Oleh karena itu, sejumlah orang akhirnya memutuskan untuk membuat sendiri sayur urap di rumah. Cara membuatnya terbilang mudah. Berbagai jenis sayuran yang mau dipakai biasanya dikukus terlebih dahulu sampai matang sempurna. Jika sudah, tinggal taburi sayuran kukus dengan bumbu urap yang terdiri dari bumbu halus dan parutan kelapa.

Meski terlihat mudah, sebagian orang mengaku gagal saat membuat sayur urap di rumah. Iya, terkadang bumbu urap tak meresap sempurna ke kukusan sayuran. Belum lagi, sayur urap nggak bertahan lama saat disajikan. Hanya dalam hitungan jam, cita rasa sayur urap jadi asam karena sudah basi.

Usut punya usut hal ini bisa dihindari kalau kamu membuat sayur urap dengan cara yang tepat. Seorang warganet dengan nama akun YouTube DAPUR TEH WIWIN sempat menunjukkan tutorial membuat sayur urap agar bumbunya meresap, matang sempurna, dan tak cepat basi.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya