Bukan direndam air, emak-emak ini punya cara praktis menghemat gas elpiji 3 kg

Bukan direndam air, emak-emak ini punya cara praktis menghemat gas elpiji 3 kg
YouTube/Dapur Bunda Keysha

Brilio.net - Gas elpiji 3 kg menjadi sumber bahan bakar pilihan banyak masyarakat. Hal ini dikarenakan tabung gas melon ini dijual dengan harga yang relatif murah. Maka dari itu, gas berwarna hijau ini dikhususkan pemerintah untuk masyarakat yang kurang mampu. Sayangnya, karena permintaannya terus melonjak, terkadang ketersediaan tabung gas elpiji 3 kg ini jadi sulit didapat alias langka.

Kondisi kelangkaan gas elpiji 3 kg ini tentu menyulitkan masyarakat yang hendak memasak. Sebagai salah satu solusinya, kamu perlu menghemat penggunaan gas elpiji 3 kg. Dengan begitu, gas yang ada di dalam tabung elpji 3 kg nggak akan terbuang sia-sia.

Cara menghemat gas elpiji 3 kg yang sering dilakukan banyak orang adalah dengan merendam tabungnya di dalam air. Cara ini dianggap bisa mencairkan gas yang telanjur beku di dalam tabung. Dengan begitu penggunaan gas akan lebih hemat dan maksimal. Padahal melansir dari kominfo.go.id, PT Pertamina Patra Niaga menyebutkan, cara merendam tabung gas dalam air tidak dianjurkan. Pasalnya tabung gas LPG yang dimasukkan dalam air malah menyebabkan korosi.

Sebagai solusinya, ternyata ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menghemat penggunaan gas elpiji 3 kg, lho. Ada sekitar enam cara yang dijelaskan oleh seorang emak-emak pengguna YouTube Dapur Bunda Keysha.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya