Bukan direndam air panas atau garam, ini cara ampuh mengurangi rasa asin berlebih pada ikan asin

Bukan direndam air panas atau garam, ini cara ampuh mengurangi rasa asin berlebih pada ikan asin
foto: YouTube/Sun Ytube

Brilio.net - Mengeringkan ikan dengan garam termasuk salah satu metode pengawetan yang kerap digunakan masyarakat Indonesia. Biasanya ikan yang dikeringkan cenderung terasa asin, oleh sebab itu masyarakat menyebutnya sebagai ikan asin. Nah, ikan asin ini bisa awet tahan lama meskipun ikan tidak disimpan dalam kulkas.

Pada dasarnya, garam memang berfungsi sebagai pengawet alami yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri. Namun di sisi lain, garam juga memberikan cita rasa asin pada ikan. Bahkan bagi beberapa orang, rasa asin pada ikan asin ini sangat pekat dan membuatnya kurang nyaman disantap.

Alhasil, sejumlah orang biasanya akan mengolah ikan asin terlebih dahulu dengan metode khusus. Misalnya dengan merendam ikan dalam air panas yang dicampur garam. Hal ini dinilai dapat mengurangi rasa asin berlebih pada ikan asin, sehingga ikan akan lebih enak dikonsumsi.

Namun selain dengan metode tersebut, sebenarnya ada metode lain yang nggak kalah ampuh dalam mengurangi kadar garam di ikan asin. Metode ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube Sun Ytube. Melalui salah satu video yang diunggah, metode miliknya lebih ampuh dibandingkan dengan harus merendam ikan asin dalam air panas atau garam.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya