Bukan direndam cuka, ini trik bersihkan lapisan lilin dan pestisida buah anggur pakai 2 bahan dapur

Bukan direndam cuka, ini trik bersihkan lapisan lilin dan pestisida buah anggur pakai 2 bahan dapur
foto: Instagram/@tasty_bites192

Brilio.net - Ada banyak jenis buah untuk dikonsumsi sehari-hari, salah satu favorit banyak orang yaitu anggur. Buah anggur punya kombinasi rasa manis dan asam yang nikmat di lidah. Di sisi lain, kadar air buah satu ini juga cenderung banyak, sehingga sangat menyegarkan, apalagi jika disantap saat anggur baru keluar dari kulkas.

Namun, usai membeli buah anggur di pasaran, sebaiknya jangan langsung dikonsumsi tanpa mencucinya sampai bersih, ya. Pasalnya, budidaya tanaman anggur biasanya dilakukan dengan memberi pestisida supaya buah ini tidak diserang hama. Di sisi lain, tanaman anggur pun dapat membuat lapisan lilin secara alami di sekeliling buahnya sebagai bentuk perlindungan diri dari hama ataupun penyakit.

Jika kamu mengonsumsi buah anggur yang masih memiliki lapisan lilin dan pestisida, risikonya bisa berbahaya untuk kesehatan, nih. Hal ini juga dijelaskan oleh warganet pengguna akun Instagram @tasty_bites192 lewat sebuah unggahan.

"Grapes are one of the most commonly consumed fruits during this season and these have lot of pesticides residue, which can lead to many health issues (Anggur banyak dikonsumsi saat musim seperti sekarang. Buah ini punya banyak pestisida yang dapat memicu berbagai permasalahan kesehatan)," tulisnya, dikutip BrilioFood dari Instagram @tasty_bites192 pada Sabtu (30/3).

Bukan direndam cuka, ini trik bersihkan lapisan lilin dan pestisida buah anggur pakai 2 bahan dapur

foto: Instagram/@tasty_bites192

Banyak orang mencoba menghilangkan lapisan lilin dan pestisida pada anggur hanya dengan air saja. Padahal, hal tersebut belum cukup efektif, lho. Salah satu trik membersihkan anggur bisa dilakukan dengan merendamnya dalam air larutan cuka. Cuka dikenal punya kadar asam cukup tinggi untuk melunturkan noda.

Tetapi, kalau kamu nggak punya stok cuka di rumah, jangan khawatir dulu karena masih ada trik lain. Nah, pemilik akun Instagram @tasty_bites192 juga punya trik yang nggak kalah ampuh bikin anggur benar-benar bersih sebelum dikonsumsi. Trik bersihkan lapisan lilin dan pestisida ini bisa dilakukan dengan dua bahan dapur.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya