15 Cara membersihkan lapisan lilin di anggur, praktis andalkan bahan dapur

15 Cara membersihkan lapisan lilin di anggur, praktis andalkan bahan dapur
foto: TikTok/@andrebeast

Brilio.net - Buah anggur dikenal memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh, salah satunya antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Maka tak heran kalau anggur menjadi salah satu buah yang banyak digemari.

Selain punya banyak kandungan gizi, buah anggur juga dikenal memiliki perpaduan rasa manis dan asam. Biasanya orang mengonsumsi buah anggur sebagai camilan, namun tak sedikit juga yang mengolah buah anggur untuk campuran salad dan puding.

Namun sebelum disantap, buah anggur harus dicuci terlebih dahulu karena biasanya buah satu ini dilapisi lilin. Lapisan lilin tersebut digunakan agar buah anggur bisa tahan lama dan tetap segar. Menghilangkan lapisan lilin pada buah anggur terbilang cukup sulit. Pasalnya, lapisan lilin yang menempel tidak bisa hilang jika hanya dibilas dengan air mengalir.

Untuk mengatasi hal tersebut, sejumlah orang akhirnya mengandalkan bahan dapur untuk mencuci buah anggur. Misalnya, garam, lemon, baking soda, hingga tepung terigu. Lantas seperti apa caranya? Yuk, simak 15 cara membersihkan lapisan lilin di anggur yang dihimpun BrilioFood dari berbagai sumber pada Selasa (26/3).

1. Dicuci pakai baking soda.

15 Cara membersihkan lapisan lilin di anggur, praktis andalkan bahan dapur

foto: Instagram/@nindidewi_

Warganet di akun Instagram @nindidewi_ punya trik efektif untuk membersihkan lapisan lilin pada anggur. Usut punya usut, ia tak pakai tepung, tapi mengandalkan satu bahan dapur lain.

Pertama, masukkan semua buah anggur ke dalam mangkuk. Pemilik akun Instagram @nindidewi_ juga sekalian membersihkan buah stroberi. Lalu, taburkan baking soda secukupnya di atas buah. Yup, baking soda inilah yang jadi bahan dapur utama untuk membersihkan buah anggur ini. Lalu, tuangkan air hingga semua buah terendam, dan aduk rata.

Setelah itu, biarkan buah terendam di dalam larutan baking soda selama kurang lebih 15 menit. Kemudian, buang airnya dan bilas buah dengan air mengalir. Tak sampai situ saja, warganet akrab disapa Nindi juga mencuci buahnya sekali lagi, tetapi menggunakan air minum. Buah pun siap dikonsumsi.

2. Dicuci pakai tepung gandum dan garam.

15 Cara membersihkan lapisan lilin di anggur, praktis andalkan bahan dapur

foto: TikTok/@madam_lim_

Seorang warganet pengguna TikTok @madam_lim_ pernah membagikan trik praktis membersihkan lapisan lilin pada buah anggur. Tanpa perlu susah payah digosok-gosok, lapisan lilin pada anggur bisa luntur begitu saja.

Warganet ini menggunakan bantuan 2 bahan dapur, yakni tepung gandum dan garam. Cara mengaplikasikannya pun cukup mudah. Pertama-tama, pisahkan setiap butir anggur dari tangkainya. Hal ini akan membuat anggur lebih mudah dibersihkan nantinya.

Jika sudah, tuang air sampai anggur benar-benar terendam. Lalu masukkan tepung gandum dan garam secukupnya. Aduk-aduk sampai kedua bahan ini larut dalam air. Setelah itu, cukup diamkan dan rendam anggur selama kurang lebih 5 menit saja.

Dalam waktu 5 menit, kotoran di permukaan anggur mulai tampak mengambang di permukaan air. Selanjutnya, tiriskan anggur dan buang airnya. Lalu bilas anggur sampai benar-benar bersih.

Anggur yang sudah direndam ini jadi tampak lebih mengilap. Lapisan lilinnya juga sudah benar-benar hilang meskipun anggur tidak digosok satu per satu. Hal ini menandakan bahwa tepung gandum dan garam sangat ampuh untuk melunturkan lapisan lilin.

Nah, untuk rasa, tak perlu khawatir. Tepung gandum dan garam tidak akan mengubah rasa buah satu ini karena takaran yang dipakai sangat sedikit. Selain itu, anggur juga sudah dibilas lagi setelah direndam, sehingga lebih bersih dan tidak berubah rasa.

3. Dicuci pakai tepung terigu dan garam.

15 Cara membersihkan lapisan lilin di anggur, praktis andalkan bahan dapur

foto: TikTok/@trihartatiiii

Seorang pengguna TikTok @trihartatiiii pernah membagikan cara membersihkan lapisan lilin pada anggur melalui salah satu video yang diunggah. Alih-alih menggunakan baking soda dan cuka, dia memilih memakai bahan lain yang lebih mudah ditemukan.

Bahan yang digunakan adalah tepung terigu dan garam. Nantinya, kedua bahan ini akan dicampur jadi satu. Lalu dipakai sebagai bahan rendaman anggur.

Namun untuk prosesnya lebih jelas, siapkan dulu anggur yang hendak dicuci. Jika masih ada tangkainya, sebaiknya petik dulu satu per satu. Kamu bisa menggunakan gunting atau memetiknya secara manual dengan tangan.

Nah, anggur yang sudah dipetik ini bisa langsung dikumpulkan jadi satu dalam wadah. Setelah itu, masukkan 2 sdm tepung terigu dan 2 sdt garam dapur. Lalu tuang air sampai anggurnya terendam sempurna. Cukup gunakan air suhu ruang saja, ya, bukan air hangat atau panas.

Setelah itu, aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata. Pastikan tepung dan garamnya larut dalam air. Jika sudah, rendam anggur terlebih dahulu selama 5 menit. Hal ini dilakukan supaya tepung dan garam terserap ke lapisan lilin di permukaan anggur.

Selanjutnya, gosok-gosok anggur sampai bersih (masih dengan bahan rendaman tadi). Jika dirasa buah anggur sudah mengilap dan kesat, langsung tiriskan. Lalu bilas sampai benar-benar bersih. Nah, kondisi anggur yang sudah dibersihkan ini pun jadi lebih kinclong dan kesat. Tampilannya juga lebih bersih dibandingkan saat sebelum dicuci.

4. Dicuci pakai lemon dan garam.

15 Cara membersihkan lapisan lilin di anggur, praktis andalkan bahan dapur

foto: YouTube/sana home needs

Banyak trik lain yang nggak kalah efektif lho buat mencuci anggur. Contohnya yang dibagikan oleh warganet melalui unggahan video pada YouTube sana home needs.

Triknya, siapkan 2 buah baskom dan 1 saringan. Salah satu baskom diisi dengan air bersih biasa. Sementara satu baskom lagi diisi dengan campuran air dan bahan pembersih. Warganet ini menggunakan dua bahan pembersih, yaitu air perasan lemon serta garam.

Setelah kedua bahan pembersih tersebut dilarutkan air, langsung celupkan anggur dan gosok-gosok perlahan untuk menghilangkan kuman dan lapisan lilin. Kalau sudah, bilas anggur dengan air bersih yang ada di baskom lain.

Usai dibilas, anggur bisa ditiriskan pakai saringan. Selanjutnya, anggur pun dapat dikeringkan dan dikonsumsi. Pemilik akun YouTube sana home needs pun memperlihatkan air campuran lemon dan garam yang baru dipakai mencuci anggur. Dapat dilihat airnya jadi keruh lantaran sudah berhasil melunturkan kuman dan lapisan lilin pada anggur.

5. Dicuci pakai garam dan bubuk kunyit.

15 Cara membersihkan lapisan lilin di anggur, praktis andalkan bahan dapur

foto: YouTube/RoamMingMomos

Warganet di akun YouTube RoamMingMomos nih, ia punya bahan lain yang nggak kalah efektif untuk membersihkan anggur. Bahan untuk membersihkan anggur ini juga sederhana dan sering dipakai untuk masak. Semula, siapkan mangkuk dan isi dengan air terlebih dahulu. Pastikan air yang digunakan cukup untuk merendam keseluruhan anggur nantinya.

"Use warm water (Pakai air hangat, ya)," jelas pemilik akun YouTube RoamMingMomos, dikutip BrilioFood.

Setelah itu, baru masukkan bahan-bahan dapur alternatif buat membersihkan anggur, yaitu garam dan bubuk kunyit. Gunakan kedua bumbu tersebut dengan takaran masing-masing 1/2 sendok teh. Lalu, aduk sampai kedua bumbu larut dengan air.

Selanjutnya, langsung rendam anggur ke dalam air larutan garam dan kunyit tersebut. Bersihkan dengan cara mengusap-usapkan anggur secara perlahan supaya kotoran dan lapisan lilinnya cepat luntur ke dalam air. Jika dirasa anggur sudah bersih, langsung bilas dengan air mengalir.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya