Bukan ditambah gula atau kentang, ini trik ampuh mengatasi ayam bakar terlalu asin

Bukan ditambah gula atau kentang, ini trik ampuh mengatasi ayam bakar terlalu asin
TikTok/@yuluvshann

Brilio.net - Bagi pemula yang baru belajar masak, kesalahan dalam pemberian bumbu menjadi hal lumrah yang kerap terjadi. Masalah seperti ini paling sering terjadi ketika menambahkan garam ke dalam masakan. Tanpa disadari, terkadang garam yang dimasukkan justru terlalu banyak dan membuat masakan jadi terasa sangat asin.

Jika hal ini terjadi pada masakan berkuah, sejumlah orang biasanya akan menambahkan air dan gula. Namun ada juga yang menambahkan potongan kentang. Pasalnya, potongan kentang dipercaya mampu menyerap rasa asin pada kuah masakan.

Sayangnya, hal tersebut tidak bisa diterapkan pada jenis masakan yang kering. Ayam bakar misalnya. Terlebih jika bumbunya terlalu asin dan terlanjur dioleskan ke daging ayam.

Masalanya, hal ini sering disadari ketika ayam bakar sudah dalam kondisi matang. Jika sudah begitu, tentu bumbu dan rasa asinnya telah meresap sempurna ke bagian dalam daging. Karena dianggap tidak layak dikonsumsi, banyak orang kemudian memilih membuang masakannya begitu saja.

Masalah ayam bakar yang terlalu asin ini pernah dialami oleh pengguna TikTok @yuluvshann. Melalui salah satu video yang diunggah, dia baru sadar rasa ayam bakar buatannya terlalu asin ketika ayam sudah dalam kondisi matang. Saking asinnya, ayam bakar ini bahkan hendak dibuang begitu saja.

"The salt was unbearable lol he used salt and creole so it was lit lolll had to tone it down and it came out perfect! (garamnya tak tertahankan haha Dia menggunakan garam dan bumbu kreol, jadi sangat pekat haha harus dikurangi asinnya biar hasilnya sempurna!)," terang TikTok @yuluvshann.

Bukan ditambah gula atau kentang, ini trik ampuh mengatasi ayam bakar terlalu asin

foto: TikTok/@yuluvshann



(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya