Bukan pakai baking soda atau kopi, begini trik menghilangkan bau bawang putih yang menempel di tangan

Bukan pakai baking soda atau kopi, begini trik menghilangkan bau bawang putih yang menempel di tangan
YouTube/the David Sandy's Family

Brilio.net - Bawang putih merupakan salah satu komponen penting untuk memasak. Biasanya bawang putih dijadikan sebagai bumbu dasar, seperti halnya bawang merah. Namun jika dibandingkan dengan bawang merah, bawang putih ini punya bau lebih menyengat karena memiliki enzim allinase.

Dilansir dari ncbi.nlm.nih.gov, enzim allinase ini menguar ketika bawang putih dipotong, dicincang, atau digeprek. Secara kimiawi, enzim ini mengubah senyawa alliin menjadi allicin, molekul yang mengandung belerang. Nah, hal inilah yang kemudian menghasilkan bau menyengat.

Walau bisa bikin masakan jadi semakin lezat, namun bau belerang pada bawang putih ini terkadang justru mengganggu, lho. Bagaimana tidak, bau ini bisa menempel di tangan ketika menyentuh bawang putih. Parahnya lagi, bau ini tidak bisa hilang hanya dengan mencuci tangan menggunakan sabun.

Oleh sebab itu, banyak orang kemudian memutar otak ketika hendak menghilangkan bau bawang putih ini. Ada yang memilih menggunakan bahan-bahan khusus, seperti baking soda. Bahan dapur satu ini dianggap mampu menetralisir bau menyengat, termasuk bau bawang.

Selain baking soda, ada juga yang menggunakan kopi. Aroma khas dari kopi dipercaya mampu menghilangkan bau bawang putih pada tangan. Aromanya akan tergantikan dengan bau kopi yang harum dan sedap.

Sayangnya, cara-cara tersebut tidak selalu efektif bagi sejumlah orang, lho. Maka dari itu, mereka menggunakan alternatif lain. Seperti halnya pengguna YouTube the David Sandy's Family. Dalam salah satu unggahannya, dia mengaku menggunakan cara lain untuk menghilangkan bau bawang putih di tangan.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya