Bukan pakai jahe, trik menggoreng ikan agar minyak bekasnya bersih & tak meletup pakai 1 bahan dapur

Bukan pakai jahe, trik menggoreng ikan agar minyak bekasnya bersih & tak meletup pakai 1 bahan dapur
foto: YouTube/IKE SURYANI Channel

Brilio.net - Berbagai jenis ikan, baik yang laut maupun tawar bisa diolah jadi berbagai menu rumahan. Ikan bisa dimasak dengan teknik goreng, tumis, pepes, sup, hingga bakar. Nah, salah satu olahan ikan yang digemari banyak orang adalah ikan goreng. Selain bagian luarnya lebih krispi, cara membuat ikan goreng juga terbilang jauh dari kata ribet.

Agar rasanya enak, ikan yang sudah dicuci bersih bisa dimarinasi terlebih dahulu dengan bumbu sesuai selera. Sejumlah orang bahkan menambahkan air perasan jeruk nipis ke dalam bumbu marinasi untuk mengurangi bau amis ikan.

Setelah dirasa bumbu marinasi meresap sempurna, ikan pun siap digoreng di minyak panas. Agar tidak terkena cipratan minyak, pastikan kamu melakukannya dengan hati-hati, ya. Sebagai solusinya, sejumlah orang bahkan sengaja menambahkan potongan jahe ke dalam minyak goreng panas. Hal ini bertujuan agar jahe bisa menyerap kandungan air di ikan. Dengan begitu, minyak goreng pun jadi tak meletup ke luar wajan.

Tapi kendala menggoreng ikan nggak berhenti sampai di situ saja. Terkadang bekas minyak setelah menggoreng ikan jadi kotor dan berbau amis. Kalau sudah begini, nggak ada pilihan lain selain membuangnya dan menggantinya dengan minyak goreng baru.

Usut punya usut, ternyata hal itu bisa disiasati dengan sebuah trik yang ditunjukkan oleh pengguna YouTube IKE SURYANI Channel. Di unggahan videonya, warganet ini mengaku hanya mengandalkan satu bahan dapur saja saat menggoreng ikan. Lantas bagaimana caranya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya