Bukan pakai kipas atau air panas, ini cara cepat bersihkan bunga es di freezer dalam 10 menit

Bukan pakai kipas atau air panas, ini cara cepat bersihkan bunga es di freezer dalam 10 menit
YouTube/Nikmatul Rosidah

Brilio.net - Freezer merupakan alat pendingin bersuhu di bawah 0°C. Berbeda dengan chiller, makanan atau minuman yang disimpan dalam freezer ini bisa membeku dalam waktu singkat. Oleh sebab itu, freezer kerap digunakan untuk menyimpan bahan makanan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Tapi ada satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang ketika memiliki freezer, yakni munculnya bunga es. Bunga es di freezer ini muncul karena adanya uap air yang membeku. Uap air ini biasanya berasal dari udara hangat saat pintu freezer dibuka atau dari makanan yang dimasukkan ke freezer ketika kondisinya masih panas.

Nah, kemunculan bunga es ini seringkali jadi masalah karena bisa mempersempit ruang penyimpanan freezer. Selain itu, bunga es juga kerap membuat bahan makanan yang disimpan jadi lengket dan menempel di dinding freezer. Alhasil, bahan makanan tersebut jadi tidak bisa diambil sebelum bunga esnya dibersihkan.

Padahal membersihkan bunga es merupakan PR tersendiri bagi banyak orang. Biasanya, sebagian orang akan mematikan freezer dan menunggu bunga es cair begitu saja. Namun jika ukuran bunga es sudah sangat tebal, tentu perlu waktu yang sangat lama untuk mencairkannya.

Sebagai gantinya, ada orang yang kemudian menggunakan alat bantu, seperti kipas. Jadi, sembari dimatikan mesin freezernya, kipas angin tersebut akan diarahkan tepat ke freezer agar bunga es cepat mencair. Selain dengan cara tersebut, ada juga yang menyiramnya begitu saja dengan air panas agar bunga es cepat meleleh.

Namun tahu nggak sih, sebenarnya ada metode lain yang lebih ampuh dalam membersihkan bunga es. Bahkan tanpa harus mencairkannya terlebih dahulu, bunga es ini bisa dibersihkan dengan mudah. Hal ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube bernama Nikmatul Rosidah melalui salah satu video yang diunggah.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya