Bukan pakai kipas atau air panas, ini cara cepat mencairkan bunga es di freezer kulkas

Bukan pakai kipas atau air panas, ini cara cepat mencairkan bunga es di freezer kulkas
YouTube/Faizaa's vlogs

Brilio.net - Fenomena menumpuknya bunga es di freezer sudah sangat lumrah dialami banyak orang, terutama pemilik kulkas 1 pintu. Hal ini lantaran freezer dan chiller berada pada kompartemen yang sama.

Pada dasarnya, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan munculnya bunga es. Pertama, karena suhu freezer terlalu rendah, sehingga lapisan bunga es kian menebal. Kedua, adanya kerusakan lapisan karet kulkas (gasket). Selain itu, menyimpan makanan bersuhu panas di dalam kulkas juga bisa memicu munculnya bunga es, lho.

Walau kerap dianggap remeh, namun bunga es bisa memberikan dampak buruk, lho. Jika dibiarkan begitu saja, beberapa komponen kulkas bisa rusak. Misalnya evaporator yang berfungsi menyedot panas bisa rusak karena terhalangi bunga es. Selain itu, kapasitas muatan freezer bisa berkurang dan menimbulkan bau tak sedap yang bisa memengaruhi aroma dan rasa makanan.

Jika bunga es terlanjur menebal, proses pencairannya bisa sangat lama bahkan dapat mencapai 24 jam. Oleh sebab itu, banyak orang menggunakan tips dan trik khusus saat hendak mencairkan sekaligus membersihkan bunga es dalam kulkas. Ada yang memilih menggunakan kipas angin atau air panas.

Pakai air panas maupun kipas angin dipercaya lebih hemat waktu, sekitar 2-3 jam saja. Namun bagi sebagian orang, cara ini masih terbilang memakan waktu cukup lama.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya