Cuma 5 menit, begini cara membersihkan bunga es tebal di freezer kulkas 1 pintu

Cuma 5 menit, begini cara membersihkan bunga es tebal di freezer kulkas 1 pintu
Mudah dipraktikkan di rumah |

Salah satu caranya sempat dibagikan oleh warganet akrab disapa Eko. Ia mengaku, cara andalannya untuk membersihkan bunga es ini mudah dipraktikkan dan tak akan merusak kulkas, karena tak butuh air panas, kipas angin, atau bahkan hair dryer untuk melelehkan bunga es yang sudah sangat tebal sekalipun. Lantas, gimana sih caranya?

"Bunga esnya sangat tebal, ini hampir 5 cm," ungkapnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Mbah Eko broer22 pada Senin (17/7).

Semula, pastikan dulu kabel listrik kulkas sudah dicabut dan posisikan kulkas di tempat yang jauh dari alat elektronik maupun kompor, lantaran nantinya air yang dihasilkan dari proses mencairkan bunga es ini cukup banyak. Lalu, alat yang dibutuhkan untuk mencairkan bunga es hanyalah air keran.

Kamu bisa menambahkan selang atau spray gun pada keran supaya air yang keluar bisa halus dan tipis. Kemudian, semprotkan pada bunga es di kulkas, terutama di pinggirannya supaya bisa cepat terlepas dari sisi-sisi freezer kulkas.

Cuma 5 menit, begini cara membersihkan bunga es tebal di freezer kulkas 1 pintu

foto: YouTube/Mbah Eko broer22

Selanjutnya, jika sudah cukup banyak menyemprotkan air keran, tutup pintu freezer maupun pintu kulkasnya. Biarkan pinggiran bunga es meleleh dengan sendirinya. Proses membiarkan bunga es ini butuh waktu kurang lebih 5 menit.

Cuma 5 menit, begini cara membersihkan bunga es tebal di freezer kulkas 1 pintu

foto: YouTube/Mbah Eko broer22

Setelah didiamkan selama 5 menit, buka kembali kulkasnya dan cek apakah bunga es sudah mulai meleleh. Eko menjelaskan, kalau cara yang dilakukan sebelumnya sudah tepat, biasanya bunga es yang tebal dan menempel kuat sekalipun bisa langsung dilepaskan dari freezer kulkas.

Saat semua bunga es sudah dibasmi, baru seluruh bagian kulkas bisa dibersihkan dan dikeringkan. Dengan begitu, kulkas tidak akan bau saat dipakai lagi untuk menyimpan bahan makanan nantinya.

Cuma 5 menit, begini cara membersihkan bunga es tebal di freezer kulkas 1 pintu

foto: YouTube/Mbah Eko broer22

Gimana, simpel banget kan membersihkan bunga es di freezer kulkas satu pintu ini? Menilik kolom komentar di unggahan milik YouTube Mbah Eko broer22, banyak warganet yang antusias ingin mencoba cara ini, lho. Di sisi lain, beberapa warganet juga membagikan alternatif cara lain untuk membersihkan bunga es di kulkas. Video ini pun sudah ditonton lebih dari 274 ribu kali.

"Terimakasih om tutorial nya,saya jadi ingin nyoba..semoga bermanfaat utk semua orang," kata YouTube @didikurniadi2953.

"Wah cara yg benar benar efektip,trimakasi krn sabgat membantu banyak orang pastinya,fgn demikian tak lg menghabiskan waktu sehatian hy utk melepaskan bunga salju pd kulkas,banyak banyak tetimasi ilmu yg berharga bg ibu rumah tangga,termasuk menghindarkan marah pd anak yg payah disuru fan suami yg malas melakukannya," ungkap YouTube @bintangponsel1283.

"Paling bagus pake kipas angin bunga es cpt cair ruangan jadi adem," imbuh YouTube @agungkadewinastika5141.

"Kalo saya paka air masukin plastik Kya mo bikin batu es terus tusuk pke jarum itu bawahnya yg lancip jdi airnya tak terlalu besar tapi punya tekanan ,bisa untuk memotong siku siku bunga es di bagian atas auto terlepas kalo siku sikunya sudah terpotong auto terlepas di jamin tidak terlalu banjir," jelas YouTube @syahrilusman3906.

"Sebaiknya freezer di alasi dgn plastik tebal," sebut YouTube @markamah5916.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya