Jangan cuma pakai tepung beras dan tapioka, begini trik bikin adonan peyek renyah dan antikeras

Jangan cuma pakai tepung beras dan tapioka, begini trik bikin adonan peyek renyah dan antikeras
foto: YouTube/DAPUR CIMOETZ

Brilio.net - Gorengan jadi salah satu makanan ringan paling diminati sejumlah orang. Jenis gorengan pun nggak melulu yang terbuat dari bahan-bahan khusus seperti pisang, tempe, tahu, dan lainnya. Tetapi, bisa pula hanya menggunakan tepung sebagai bahan utamanya, seperti peyek. Selain tepung, peyek juga dilengkapi aneka isian dan bumbu.

Identik dengan rasa gurih, peyek biasanya diisi dengan kacang tanah, udang rebon, kacang hijau, ikan teri, atau bahan lain sesuai selera masing-masing. Peyek dengan berbagai isian ini tak hanya bisa disantap sebagai camilan, tapi juga dimakan bersama hidangan utama seperti pecel, nasi rames, maupun menu lainnya biar sensasi makan lebih nikmat.

Banyak orang-orang yang gemar masak mencoba membuat peyek sendiri di rumah alih-alih membelinya di pasaran. Namun, masih banyak yang gagal membuat peyek, lho. Pasalnya, kunci peyek yang enak bukan hanya dari tekstur krispi, tapi juga tak keras saat digigit. Banyak orang menggunakan tepung khusus untuk mengolah adonan peyek yang sukses, misalnya tepung beras dan tapioka.

Di samping itu, menurut warganet di akun YouTube DAPUR CIMOETZ, ada satu rahasia lagi untuk membuat adonan peyek yang hasilnya bagus, lho. Usut punya usut, ia hanya menambahkan satu jenis tepung lagi. Lantas, gimana sih trik membuatnya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya