Jangan ditusuk lidi, ini trik mematangkan alpukat agar tak terlalu busuk dan kulit tetap hijau segar

Jangan ditusuk lidi, ini trik mematangkan alpukat agar tak terlalu busuk dan kulit tetap hijau segar
YouTube/Wijaya ngapak

Brilio.net - Dikenal punya daging lembut, buah alpukat kerap diolah jadi dessert. Misalnya untuk membuat kue, es krim, bolu, hingga minuman segar. Alpukat juga biasanya dipakai untuk isian sandwich atau pelengkap salad, lho.

Buah hijau satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari medicalnewstoday.com, mengonsumsi alpukat bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mata. Selain itu, alpukat juga bisa mencegah kenaikan berat badan jika dikonsumsi setiap hari.

Banyak orang mengonsumsi alpukat saat diet atau sekadar untuk camilan sehari-hari. Sayangnya, banyak yang terkecoh saat hendak mengonsumsi alpukat. Alpukat yang dirasa matang, ternyata masih mentah dan tekstur dagingnya masih keras.

Mengonsumsi alpukat yang masih mentah tentu kurang enak, karena rasanya pun cenderung hambar. Oleh sebab itu, banyak orang berusaha mematangkan alpukat dengan berbagai cara. Ada yang mematangkannya dengan cara didiamkan begitu saja di suhu ruang. Namun cara ini biasanya memakan waktu 4-7 hari sampai alpukat benar-benar matang.

Untuk mempersingkat durasi, sejumlah orang lantas menerapkan trik khusus. Salah satunya adalah dengan menusuk bagian atasnya menggunakan lidi. Walau bikin cepat matang dalam 2 hari, namun hal ini bisa menimbulkan risiko lain, lho. Seorang pengguna YouTube Wijaya ngapak menjelaskan lebih lanjut tentang hal tersebut.

Jangan ditusuk lidi, ini trik mematangkan alpukat agar tak terlalu busuk dan kulit tetap hijau segar

foto: YouTube/Wijaya ngapak

"Ini kurang tepat, ya. Karena alpukat bisa mengalami kebusukan dan matang tidak sempurna," terang YouTube Wijaya ngapak dikutip BrilioFood pada Minggu (16/7).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya